Advertorial

Daerah

Wako: Kota Pariaman Siap Tuan Rumah Kegiatan TPO di Tahun 2023

          Wako: Kota Pariaman Siap Tuan Rumah Kegiatan TPO di Tahun 2023
Wako: Kota Pariaman Siap Tuan Rumah Kegiatan TPO di Tahun 2023
BENTENGSUMBAR.COM - Kota Pariaman siap menjadi tuan rumah dalam agenda kegiatan TPO tahun 2023.

Hal ini disampaikan  Wali Kota Pariaman, Genius Umar, ketika menghadiri General Assembly Tourism Promotion Organization (TPO) 10th for Asia Pacific Cities atau Sidang Umum TPO ke-10 untuk anggota dari kota-kota di berbagai negara Asia Pasifik, dimana kali ini dilaksanakan di Provinsi Sumatera Utara sebagai tuan rumah penyelenggara, tepatnya di Hotel Santika, Kota Medan, Jum'at (11/11).

Sidang umum TPO ini dilaksanakan 9-12 November 2022 yang bertujuan untuk mempromosikan pertukaran dan kerjasama di bidang pariwisata. Tahun ini TPO telah menetapkan tema Sidang Umum adalah “Rebuilding Tourism and Digital Promotion” atau Membangun Kembali Pariwisata dan Promosi Digital.

"Sidang umum TPO yang ke 10 ini, diharapkan dapat menghasilkan kerjasama yang lebih baik diantara negara-negara Asia Pasifik, dimana kebangkitan Pariwisata pasca pandemi Covid-19, dapat menghasilkan yang terbaik dan dapat berkolaborasi menguntungkan bagi Kota-Kota anggota TPO di Asia Pasifik," ujarnya.

Lebih lanjut Genius menuturkan bahwa Kota Pariaman, menjadikan Pariwisata sebagai visi daerahnya, tentunya dengan adanya kerjasama yang tergabung dalam TPO, akan sangat membantu dan memajukan Pariwisata Kota Pariaman lebih go internasional.

“Melalui event TPO nantinya, tentu akan berdampak positif pada masyarakat, terutama dampak ekonomi dan marketing daerah, sehingga terjadi peningkatan jaringan di antara member TPO. Kerjasama anggota-anggota TPO ini, juga akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara, ke Kota-Kota anggota TPO, dan khususnya ke Kota Pariaman,” tukasnya.

Orang nomor satu di Kota Pariaman ini menambahkan Kota Pariaman, sangat ramah sebagai Kota pemuda, bukan hanya lokal dan regional saja, bahkan internasional, sampai-sampai di pantai kotanya juga dibangun ASEAN Youth Park, karena pernah dikunjungi oleh pemuda pemuda dari negara ASEAN.

"Pada forum ini kami juga mengusulkan kegiatan TPO Youth Forum, atau bisa juga TPO Eco Tourism, karena di Kota Pariaman memiliki taman mangrove, terumbu karang yang indah, dan kawasan konservasi penyu, serta  dilengkapi juga dengan fasilitas sport beach, dan cycling beach," ungkapnya.

Genius menjelaskan,  TPO adalah organisasi pariwisata internasional yang terbesar di kawasan Asia Pasifik, didirikan pada tahun 2002 oleh Asian-Pacific City Summit (APCS) ke-5 di Fukuoka Jepang, organisasi ini berfungsi sebagai jaringan antar kota yang bertujuan untuk mempromosikan pertukaran dan kerjasama di antara kota-kota anggota.

"Melalui jaringan anggota dan mitra yang luas, TPO menawarkan akses ke pembuat keputusan industri pariwisata utama dan pihak-pihak berpengaruh melalui berbagai kegiatan, yang tentunya akan meningkatkan perekonomian dan kemajuan dari para anggota TPO sendiri," terangnya.

Genius Umar yang juga sebagai Co President TPO, dari tahun 2019-2021, berharap agar kegiatan dan kerjasama yang akan dilakukan mendatang, dapat di lakukan di Kota Pariaman.Tentunya hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi dirinya dan juga daerah yang dipimpinya.

"Kami menawarkan Pariwisata yang akan selalu menjadi kenangan dan kebahagiaan, dengan berbagai seni budaya, destinasi dan kuliner yang tidak akan terlupakan," tuturnya.

Pada sidang umum TPO ini, Genius menjelaskan akan menjadi wadah untuk berbagi wawasan tentang tantangan bersama dari negara Asia Pasifik TPO serta melanjutkan upaya mengembangkan industri pariwisata yang berkelanjutan. 

Pada sidang ini, juga diulas beberapa agenda mengenai informasi dan hal-hal urgent lainnya, dalam rangka menciptakan sinergi dan kolaborasi dengan menggabungkan potensi masing-masing kota anggota, serta vs mempromosikan industri pariwisatanya.

"Melalui sidang Umum TPO di Indonesia ini, nantinya akan membahas isu-isu terkini dalam industri pariwisata, saling sharing informasi dan pengalaman di antara kota-kota anggota, yang bertujuan untuk memfasilitasi pengembangan berkelanjutan dari sektor pariwisata yang dinamis, inovatif, dan kompetitif bagi kota-kota anggota TPO, yang ada di Asia Pasifik," tutupnya.

Hadir juga dalam 10th TPO General Assembly ini, Sekretaris Jenderal TPO, Woo Kyoung-ha, Wali Kota negara anggota TPO, seperti Wali Kota Kuantan (Malaysia), Wali Kota Ho Chi Minh, (Vietnam), Wali Kota Incheon, (Korea Selatan), dan beberapa Walikota dan delegasi anggota TPO negara lain dan Indonesia byang hadir secara langsung maupun secara virtual, serta Staf Ahli Gubernur Sumatera Utara bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset SDA, Agus Tripriyono.

Anggota TPO terdiri dari 137 Kota/Kabupaten Pemerintahan dari 15 negara Se-Asia Pasifik, organisasi nirlaba, non-pemerintah, anggota bisnis dan industri yang berpusat di Busan, Korea Selatan. (J/at)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »