Advertorial

Daerah

Wako Pariaman Minta OPD Pahami Tupoksi Masing-Masing

          Wako Pariaman Minta OPD Pahami Tupoksi Masing-Masing
Wako Pariaman Minta OPD Pahami Tupoksi Masing-Masing
BENTENGSUMBAR.COM – Berdasarkan Permen PaNRB No.7 Tahun 2022 tentang Sistem Kerja Pada Instansi Pemerintah Untuk Penyederhanaan Birokrasi, Bagian Organisasi Kota Pariaman yang dipimpin  Lia Lestari, menggelar acara “Bimbingan Teknis Analisis Jabatan (Anjab), Analisis Beban Kerja (ABK) dan Evaluasi Jabatan” bagi Perangkat Daerah di Lingkungan Kota Pariaman.

Acara dibuka Wali Kota Pariaman Genius Umar ini, digelar di Aula Balaikota Pariaman Rabu (9/11).

Menurut Genius Umar, bimtek ini sangat bermanfaat  dilaksanakan untuk seluruh OPD yang ada di lingkungan pemerintahan Kota Pariaman, agar mereka bisa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan analis mereka dalam melaksanakan analisis jabatan.

“Mereka harus bisa memahami detail dan kebutuhan-kebutuhan dalam jabatan termasuk Sumber Daya Manusia (SDM) dan berbagai prasarana lainnya, sehingga output dari analisis jabatan ini bisa terukur dengan tepat,” tegas Genius.

Genius berharap, dengan adanya bimtek ini akan memudahkan dan membantu OPD dalam melakukan manajemen organisasi terutama tata kerja dan pembagian tupoksi serta uraian tugas yang lebih jelas, seperti menempatkan orang yang tepat dalam jabatannya, sehingga analisa jabatan dan analisa beban kerja harus dapat dijadikan sebagai umpan balik bagi penyempurnaan organisasi dan tata laksananya.

Dalam laporannya, Lia Lestari menjelaskan  tujuan dilaksanakannya bimtek ini adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang penyusunan analisis jabatan sekaligus dalam pemutakhiran data analisis jabatan.

“Selain itu bimtek ini juga bertujuan untuk menentukan berapa jumlah personalia dan berapa jumlah tanggung jawab atau beban kerja yang tepat dilimpahkan kepada seorang petugas, jadi melalui ABK bisa dilihat instrument atau kondisi ideal organisasi pemerintah antara beban kerja yang diemban dengan jumlah pegawai yang dimiliki,” ungkapnya.

Hadir sebagai narasumber Andri Pramuhardana, Kepala Bagian Kelembagaan di Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat. (chi/at)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »