Editors' Choice

Ketua MUI Larang Politik Praktis di Masjid Jelang Pemilu 2024

BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah Cholil Nafis menyatakan pihaknya melarang aktivitas polit...

Andre Rosiade Bantu Rehab Masjid Tertua di Kota Padang, segera Berikan Ambulans

          Andre Rosiade Bantu Rehab Masjid Tertua di Kota Padang, segera Berikan Ambulans
Andre Rosiade Bantu Rehab Masjid Tertua di Kota Padang, segera Berikan Ambulans
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Anggota DPR RI asal Sumatra Barat (Sumbar) merasa prihatin dengan kondisi Masjid Raya Ganting di Kelurahan Ganting Parak Gadang, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang.

Sebagai masjid tertua di Kota Padang, rumah ibadah ini kurang terawat dan butuh bantuan perbaikan. Bahkan, ambulans saja tidak ada.

“Alhamdulillah, kita bisa sampai di Masjid Raya Ganting dan bersilaturahmi dengan pengurus dan jamaah. Banyak hal yang menjadi PR pengurus untuk kenyamanan jamaah. Hari ini kami baru bisa membantu rehab atap masjid yang ada bocor-bocornya,” kata Andre saat mengunjung Masjid Raya Ganting didampingi Ketua DPC Partai Gerindra Kota Padang Verry Mulyadi dan Anggota Fraksi Gerindra DPRD Padang Boby Rustam. 

Andre berjanji akan memberikan mobil ambulans untuk Masjid Raya Ganting. Menurutnya, sebagai masjid bersejarah dalam dakwah di Padang, kelengkapan harus dimaksimalkan. 

“Kata pengurus bantuan awal Rp75 juta itu akan digunakan untuk membeli ambulans. Menurut kami jangan. Tetap gunakan untuk rehab atap masjid dan lainnya. Soal ambulans, itu tanggung jawab kami 2023,” kata Ketua DPD Gerindra Sumbar.

Ketua Pengurus Masjid Ganting Munandar Hasan sangat berterima kasih atas kebaikan Andre Rosiade. 

Apalagi dana yang sudah masuk ke kas masjid, bisa mereka gunakan untuk perbaikan masjid.

“Kami memang membutuhkan ambulans untuk jamaah. Memang sedih, masjid besar dan setua ini belum memiliki ambulans,” katanya.

Munandar Hasan mengatakan, masjid  dibangun tahun 1805 dan selesai tahun 1810. Masjid ini adalah saksi perkembangan dakwah di Padang dan Sumbar.

Dibangun dengan swadaya masyarakat dan tokoh-tokoh. Sampai hari ini, Masjid Ganting dikenal sebagai cagar budaya yang juga tempat kunjungan wisatawan yang ingin tahu sejarah perkembangan Islam di Sumbar. 

“Kita hari ini bisa menikmati karya pendahulu yang begitu megah dan bersejarah. Di dalam masjid ini ada 25 tiang yang diberi nama nabi dan rasul. Ini adalah bagian dari cara pendiri untuk memberikan pelajaran tentang nabi-nabi Allah,” kata Munandar Hasan yang begitu mengapresiasi kinerja Andre Rosiade sebagai anggota DPR RI.

Selain memberikan bantuan untuk masjid, Andre Rosiade juga membantu sejumlah warga yang sakit dan butuh modal usaha. 

Hal ini dilakukan Andre pascaberdialog dengan warga di sekitar Masjid Raya Ganting. Tentunya warga sangat berterima kasih dengan bantuan yang sangat meringankan beban mereka. 

“Kami mewakili warga dan jamaah Masjid Raya Ganting mengucapkan terima kasih kepada Pak Andre Rosiade. Sebagai kader Partai Gerindra, kami sangat bangga dan akan menjadikannya sebagai contoh. Semoga kami para kader juga bisa mengikuti langkah-langkah ketua ini,” kata Boby Rustam yang juga Wakil Ketua DPC Gerindra Kota Padang. (*)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: