Editors' Choice

Ketua MUI Larang Politik Praktis di Masjid Jelang Pemilu 2024

BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah Cholil Nafis menyatakan pihaknya melarang aktivitas polit...

Andre Rosiade-Erick Thohir akan Kunjungi Sitinjau Lauik, Resmikan KA Mak Itam dan Saksikan MoU Solusi Kemacetan Padang Luar

          Andre Rosiade-Erick Thohir akan Kunjungi Sitinjau Lauik, Resmikan KA Mak Itam dan Saksikan MoU Solusi Kemacetan Padang Luar
Andre Rosiade-Erick Thohir akan Kunjungi Sitinjau Lauik, Resmikan KA Mak Itam dan Saksikan MoU Solusi Kemacetan Padang Luar
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade dijadwalkan akan mendampingi Menteri BUMN, Erick Thohir mengunjungi Sumbar, Selasa (20/12/2022). 

Mereka akan melihat latihan klub Semen Padang FC, mengunjungi jalur ekstrem Sitinjau Lauik, meresmikan pengaktifan kembali kereta api (KA) Mak Itam di Sawahlunto dan menyaksikan MoU Pemkab Agam dengan PT KAI terkait penyelesaian solusi kemacetan Padang Luar.

Bersama Andre Rosiade, Erick Thohir akan melihat kesiapan pembangunan flyover Sitinjau Lauik yang sudah diperjuangkan oleh anggota Komisi VI DPR RI tersebut. 

Skema pembangunan melalui Kerjasama Pemerintah dan Bahan Usaha (KPBU) ini diharapkan bisa dimulai di  2023.

"Saya sebagai anggota DPR RI mewakili masyarakat Sumbar mengucapkan terimakasih atas bantuannya untuk Sumatera Barat terhadap pembangunan flyover Sitinjau Laut dengan metode KPBU dengan Kementerian PUPR," kata Andre Rosiade Senin, Senin (19/12/2022).

Kata Andre Rosiade, dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Erick akan bertolak menuju Indarung menyaksikan latihan pemain Semen Padang FC. Berbincang dengan pemain bola dan suporter klub kebanggaan Ranah Minang ini. 

“Setelah itu kami akan berhenti di Sitinjau Lauik untuk mengecek lokasi pembangunan Fly Over dari KPBU Hutama Karya jelang ke Sawahlunto. Di Sawahlunto meresmikan KA Mak Itam di sekaligus tandatangan MoU antara KAI dengan Bupati Agam utk mengurai kemacetan di Pasar Padang Luar,” kata Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM).

Erick Thohir bakal meresmikan reaktivikasi jalur kereta api Sawahlunto–Muaro Kalaban. 

Jarak dari stasiun kereta api Sawahlunto ke Muaro Kalaban sekitar 4 Km, sepanjang 828 meter di antaranya berupa terowongan atau lubang kalam.

Jalur ini dibangun 1892 dan sudah mati. Kini, diaktifkan kembali untuk menjaga aset bangsa sekaligus untuk menunjang wisata kota tambang. Yang akan beroperasi di sana, disebut Mak Itam, loko tua yang bahan bakarnya dari batubara.

Diketahui, Kementerian PUPR sendiri mendukung rencana pembangunan Flyover Sitinjau Lauik untuk mengurangi terjadinya kecelakaan. 

Skema pembangunan yang saat ini sedang dalam proses penelaahan adalah melalui Kerjasama Pemerintah dan Bahan Usaha (KPBU).

Untuk rencana Flyover Sitinjau Lauik ini, pada tahap pertama untuk kawasan Panorama I, perkiraan dananya Rp1,6 triliun. Proses review desain untuk Panorama I itu untuk exit dan entry-nya karena ada perubahan tikungan.

Setelah itu, Menteri BUMN juga akan direncanakan mampir ke Semen Padang FC dan menyapa pemain serta suporter bola kebanggaan masyarakat Sumatera Barat tersebut. Klub ini diproyeksi akan tembus ke liga 1 pada tahun depan. (*)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: