Anies Baswedan Bicara Peluang Koalisi Nasdem dengan Demokrat dan PKS hingga Tudingan Pelanggaran Pemilu

BENTENGSUMBAR.COM - Bakal calon presiden usungan Partai Nasdem Anies Baswedan mengatakan sinyal koalisi dengan Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masih berpeluang terbuka di Pilres 2024.

"Kami selalu mengadakan silaturahmi, dengan pimpinan wilayah, daerah Partai NasDem, Demokrat dan PKS juga itu akan kami lakukan," ujar Anies usai mengkuti Rapat Akbar dan Silaturahmi Partai NasDem Sulsel di gedung Celebes Convention Center (CCC) Jalan Metro Tanjung Bunga Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu, 10 Desember 2022.

Anies menuturkan, konsolidasi dan komunikasi terus berjalan dengan parpol lain. Bahkan biasanya dalam setiap pertemuan-pertemuan tetap mengakomodir unsur dari daerah-daerah.

"Kami berharap yang dibangun ini bukan hanya untuk eksekutif tapi juga legislatif, karena bagaimana pun juga ikhtiar perjuangan ini bersama eksekutif dan legislatif," ujar Anies.

Jawab Tudingan Pelanggaran


Ihwal tudingan dirinya telah berkampanye lebih awal di luar jadwal penyelenggara pemilu, Anies mengatakan saat ini belum masuk jadwal tahapan Pilpres. Juga undang-undang menjamin hak warga negara menyampaikan pendapat.

"Setiap warga negara berhak untuk berserikat, berkumpul, mengeluarkan pendapat kapan saja dimana saja. Karena ini negeri demokrasi, kebebasan berpendapat, berserikat dilindungi undang-undang," ucapnya.

Wakil Ketua DPP NasDem Ahmad Ali pada Rapat Akbar itu memaparkan safari politik Anies bukan pelanggaran. 

"Anies belum menjadi calon presiden, belum mendaftar di KPU. Aturan KPU berlaku ketika tahapan sudah dilaksanakan. Hari ini, konsolidasi Partai NasDem sebagai bentuk mengawal keputusan Ketua Umum (Surya Paloh) menetapkan Anies dari Partai NasDem," katanya.

Dari jadwal safari politik Anies di Sulsel, setiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dikawal simpatisan bergerak menuju Kampus Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar untuk membawakan kuliah umum. Selanjutnya santap siang dirangkaikan silaturahmi bersama Forum Dosen di lokasi empang milik mantan Menteri Pertanian sekaligus Ketua Umum IKA Unhas, Andi Amran Sulaiman.

Usai menyerap aspirasi dari para dosen, Anies menuju gedung CCC untuk menghadiri Rapat Akbar dan Silaturahmi Partai NasDem Sulsel bersama kader, simpatisan partai dan mengukuhkan puluhan relawannya. Selanjutnya bergerak ke Masjid Al Markaz Al Islami untuk melaksanakan salat Magrib.

Kemudian menghadiri makan malam bersama tokoh masyarakat dan pemuka agama. Rencananya, Anies Baswedan juga akan menghadiri jalan santai bersama masyarakat di Kabupaten Pangkep pada Minggu pagi.

Sumber: Tempo

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »