Sumbar

Arti Nomor Urut Bagi Partai yang Tak Berganti

          Arti Nomor Urut Bagi Partai yang Tak Berganti
Arti Nomor Urut Bagi Partai yang Tak Berganti
Iklan
BENTENGSUMBAR.COM - PDI Perjuangan mendapatkan nomor urut 3 (tiga) sebagai peserta pemilu 2024, sama seperti pemilu 2019 lalu. 

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan nomor itu sangat melekat di hati rakyat.

“Nomor urut tiga adalah salam perjuangan salam metal, yang sangat melekat di hatinya rakyat,” kata Hasto dalam keterangannya, Kamis (15/12/2022).

Hasto menilai nomor tiga menunjukkan semangat gotong royong dan Pancasila.

“Masing-masing punya tafsir terhadap nomornya sendiri dan bagi PDI Perjuangan, nomor tiga menunjukkan Trisakti. Semangat gotong royong yang menjadi saripati dari idelogi Pancasila. Sangat mantap,” tegas Hasto.

Menurut Hasto, bukan hanya PDIP yang memilih mempertahankan nomor urut tiga itu. 

Partai lain juga melakukannya seperti PKB dengan nomor satu, Gerindra dengan nomor 2, dan yang lainnya. 

Menurutnya, dengan begitu, bisa menghemat biaya atribut karena bisa memakai yang lama.

“Ini demi efisiensi. Karena atribut dan benderanya kan masih banyak yang pakai nomor tiga. PKB pakai nomor satu. Dan partai lainnya juga. Hal hal seperti itu ada alasan efisiensi dan juga memudahkan pemilih. Membantu pemilih dalam mengingat logo partai dan nomor partai. Jadi itu menjadi satu kesatuan,” urai Hasto.

Sementara, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar mengaku bangga partainya bisa kembali menggunakan nomor urut satu dalam perhelatan Pemilu 2024, sama seperti yang dipakai pada Pemilu 2019 lalu.

"Nomor urut tetap, nomor satu karena kaos-kaos yang kita pakai ini nomor satu," ujar Muhaimin pada wartawan, dikutip Kamis (15/12/2022).

Pria yang kerap disapa Cak Imin mengaku sangat optimistis PKB bisa meraih kemenangan pada Pemilu 2024 dan bisa menjadi Presiden. 

"2024 kita dapat (yakin) presiden dan 100 kursi DPR RI," ujar dia.

Terkait persaingan ketat di Pemilu 2024, Cak Imin mengatakan bahwa PKB sudah memiliki sejumlah langkah dan strategi untuk menggapai kemenangan. Sebab, kata dia, PKB memiliki konstituen yang sangat loyal.

"Kita bersyukur memiliki konstituen yang loyal, kita punya pengurus parpol muda-muda sehingga yang punya kekuatan jumlah besar, bisa jadi andalan PKB," ucap dia.

Menurut dia, dengan persaingan yang bakal berlangsung sangat ketat, parpol harus benar-benar bisa mengambil hati rakyat.

"Persaingan pasti ketat. Kita tahu harus pintar-pintar mendekati hati rakyat, pintar-pintar membuktikan bahwa kita punya target-target yang jelas untuk bangsa ini," kata dia. 

Sumber: Liputan6.com
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: