Bila Menteri-menterinya Dipaksa Angkat Koper, Partai Nasdem Bakal 'Perang Puputan'?

          Bila Menteri-menterinya Dipaksa Angkat Koper, Partai Nasdem Bakal 'Perang Puputan'?
Bila Menteri-menterinya Dipaksa Angkat Koper, Partai Nasdem Bakal 'Perang Puputan'?
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Partai Nasional Demokrat atau NasDem diyakini bakal melakukan 'perang puputan' terhadap Jokowi dan partai-partai pendukungnya, bila semua orang-orangnya dipaksa angkat koper dari Kabinet Indonesia Maju.

Isu akan ada perombakan alias reshuffle kabinet tengah santer diperdebatkan, setelah Presiden Jokowi menyatakan ada kemungkinan kembali mengocok ulang barisan pembantunya.

Salah satu yang kini menjadi polemik terkait perombakan kabinet adalah, semua menteri yang berasal dari Partai NasDem bakal didepak.

Namun, bila hal itu benar-benar terjadi, maka menurut Direktur Eksekutif  Indonesia Political Institute Karyono Wibowo mengatakan, Nasdem tidak akan tinggal diam.

Nasdem, kata Karyono, diyakini bakal memberikan perlawanan habis-habisan atau puputan kepada pemerintahan Jokowi - Maruf Amin.

"Tentunya, Nasdem akan menjadi partai oposisi," kata Karyono, Selasa (27/12/2022).

Kalau pilihan itu yang diambil NasDem, maka kaum oposan Jokowi yang terlembagakan bakal bertambah menjadi tiga.

NasDem akan menyusul Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera atau PKS yang setelah Pilpres 2019 menyatakan diri berada di luar lingkaran Istana.

Tapi, bila NasDem benar-benar menjadi oposan bakal ada konsekuensi logis yang harus dihadapi.

Pertama, kata Karyono, turbulensi politik internal NasDem akan semakin tinggi. Tak menutup kemungkinan terjadi gejolak. 

Karyono mengatakan, gejolak politik internal itu sudah terlihat sejak Partai NasDem memberanikan diri memproklamirkan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden usungannya.

Menurutnya, deklarasi Anies sebagai bakal capres justru menjadi buah simalakama bagi NasDem.

Sebab, di satu sisi, elektabilitas Anies semakin menanjak naik sebagai calon kuat di Pilpres 2024.

"Tapi di lain sisi, sejumlah hasil survei menunjukkan elektabilitas Partai NasDem menurun, tidak berbanding lurus dengan Anies."

Soal kemungkinan perombakan kabinet sendiri, Karyono mengatakan bila semua menteri asal Nasdem angkat koper, maka Jokowi bakal menggantinya dengan kader-kader parpol lain.

Terutama orang-orang dari partai-partai pendukung pemerintahan Jokowi - Maruf Amin yang belum mempunyai perwakilan di kabinet.

"Itu untuk membangun keseimbangan kekuatan," kata Karyono memungkasi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara terkait perombakan kabinet atau reshuffle. 

Ia tidak menutupi adanya kemungkinan bakal kembali rombak Kabinet Indonesia Maju.

"Mungkin," kata Jokowi di Bendungan Sukamahi, Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/12/2022).

"Ya, nanti," ungkapnya.

Untuk diketahui, Partai Nasdem menempatkan tiga kadernya di Kabinet Indonesia Maju.

Ketiganya ialah Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar; Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo; dan, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate.

Sumber: suara
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter:

Maklumat:

Wartawan BentengSumbar.com hanya yang namanya tercantum di box redaksi. Wartawan BentengSumbar.com dalam bertugas dilengkapi dengan ID.Card. Untuk pemasangan iklan, artikel promosi produk, dan lannya, Anda dapat menghubungi kami melalui e-Mail: redaksi.bentengsumbar@gmail.com