Cegah Korupsi, Pemko Padang Bekerjasama dengan BPKP Gelar BimTek SPIP

          Cegah Korupsi, Pemko Padang Bekerjasama dengan BPKP Gelar BimTek SPIP
Cegah Korupsi, Pemko Padang Bekerjasama dengan BPKP Gelar BimTek SPIP
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Pemerintah Kota Padang melalui Inspektorat bekerjasama dengan BPKP Perwakilan Sumatera Barat menggelar Bimbingan Teknis Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi. 

Bimtek yang dilaksanakan sebanyak 2 angkatan ini dilaksanakan di Hotel Truntum (12-14/12/2022), diikuti oleh kepala perangkat daerah, sekretaris perangkat daerah dan pejabat teknis penyusun laporan SPIP.

Sesuai Peraturan Pemerintah No.60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) pasal 18 ayat (1) menyatakan bahwa pimpinan instansi pemerintah wajib menyelenggarakan kegiatan pengendalian sesuai dengan ukuran, kompleksitas dan sifat tugas dan fungsi instansi pemerintah yang bersangkutan.

Melalui Bimtek ini peserta diharapkan dapat memahami Peraturan Kepala BPKP No.5 Tahun 2021 terkait Perubahan Metodologi Penilaian SPIP. 

Perka BPKP ini terbit dengan adanya perubahan kebijakan pelaksanaan SPIP dari secara manual menjadi SPIP yang terintegrasi menggunakan aplikasi. 

Melalui pelaporan SPIP diharapkan terwujud efektivitas dan efisiensi dalam pelaksanaan tugas kepemerintahan, keandalan laporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan. 

Dan pada akhirnya terwujud pencegahan perilaku korupsi di aparatur pemerintah. (Diskominfo/TitinM)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter:

Maklumat:

Wartawan BentengSumbar.com hanya yang namanya tercantum di box redaksi. Wartawan BentengSumbar.com dalam bertugas dilengkapi dengan ID.Card. Untuk pemasangan iklan, artikel promosi produk, dan lannya, Anda dapat menghubungi kami melalui e-Mail: redaksi.bentengsumbar@gmail.com