SUMBAR

Elektabilitas Prabowo Paling Unggul Dalam Hasil Survei Kajian Politik Nasional, Ganjar dan Anies Cuma Dapat Segini...

          Elektabilitas Prabowo Paling Unggul Dalam Hasil Survei Kajian Politik Nasional, Ganjar dan Anies Cuma Dapat Segini...
Elektabilitas Prabowo Paling Unggul Dalam Hasil Survei Kajian Politik Nasional, Ganjar dan Anies Cuma Dapat Segini...
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Lembaga Kajian Politik Nasional (KPN) merilis hasil survei terbaru yang menguji elektabilitas para figur calon presiden setahun jelang terselenggaranya Pemilu 2024. 

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berhasil menempatkan diri pada posisi teratas.

Dalam simulasi 25 nama, Prabowo berhasil unggul dengan torehan elektabilitas sebesar 25 persen, yang kemudian diikuti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo  dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Prabowo berhasil mendapat 25 persen, kemudian disusul Ganjar Pranowo 23 persen, dan Anies Baswedan sebesar 22,5 persen," kata Direktur Riset KPN Tamil Selvan saat merilis hasil survei tersebut, Selasa (13/12/2022).

Sementara, Agus Harimurti Yudhoyono, Ridwan Kamil, Muhaimin Iskandar, Puan Maharani, Sandiaga Uno, Airlangga Hartarto, dan Erick Thohir punya elektabilitas di bawah 5 persen. 

Kemudian tokoh lainnya hanya mampu mendapat elektabilitas nol koma persen seperti, Andika Perkasa, Gatot Nurmantyo, Amin Rais, Anis Matta, Tito Karnavian, Ma'ruf Amin, Mahfud MD, Khofifah, Moeldoko, Firli Bahuri, Susi Pudjiastuti, Hari Tanoe, dan Ahmad Syaikhu.

"Yang menarik adalah responden yang menjawab tidak tahu ada 13,6 persen, ini menunjukkan antipati publik," kata dia.

Tamil menjelaskan, nama-nama tersebut dimasukkan dalam survei karena sudah sesuai dari hasil kajian lembaga KPN.

Dimana nama-nama tersebut lah yang belakangan kerap didengungkan sebagai tokoh yang akan terlibat di Pilpres 2024 mendatang.

Adapun, survei ini dilakukan selama periode  14-20 November 2022, dengan metode multistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 1.200 yang tersebar di 34 Provinsi di Tanah Air. 

Survei ini memiliki margin of error 2,83 persen, dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Sumber: Populis
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: