Sumbar

Ganjar Pranowo Disarankan Turunkan Sekoci Politik Agar Pencapresan Semakin Mudah

          Ganjar Pranowo Disarankan Turunkan Sekoci Politik Agar Pencapresan Semakin Mudah
Ganjar Pranowo Disarankan Turunkan Sekoci Politik Agar Pencapresan Semakin Mudah
BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo disarankan untuk segera menurunkan sekoci politiknya agar bisa memastikan melenggang di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Sebab sampai saat ini PDI Perjuangan, selaku partai yang menaungi Ganjar, belum memberikan sinyal bakal mengusungnya di Pilpres 2024. 

"Ganjar harus mulai menurunkan sekoci politiknya dengan menerima rekomendasi partai lain dan tak hanya tergantung PDIP, agar jalan pencapresannya semakin mudah," ujar Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis (TPS), Agung Baskoro, dalam keterangannya, Senin, 5 Desember 2022.

PDIP dinilai masih menimbang opsi yang ada 

Agung menerangkan, posisi PDIP saat ini masih fokus menimbang pilihan untuk berkoalisi atau maju sendirian pada Pilpres 2024. 

Menurut Agung PDIP tengah menimbang kedua kadernya, yakni Ganjar Pranowo dan Puan Maharani untuk maju bersama. 

"Atau malah mereka berbeda kendaraan politik mengingat panas-dingin hubungan yang terjalin," kata Agung. 

Hasil Survei: PDIP berpotensi ditinggal pemilih jika tak usung Ganjar

Berdasarkan Survei Charta Politika yang digelar pada tanggal 4-12 November 2022, PDIP berpotensi ditinggalkan pemilih Ganjar jika tidak mengusungnya sebagai capres pada Pilpres 2024. 

Survei ini melibatkan 1.220 responden melalui wawancara tatap muka, dengan margin of error 2,83 persen. 

"Sebanyak 31 persen responden pemilih PDIP dan Ganjar Pranowo menyatakan tidak akan memilih PDI-P jika Ganjar Pranowo tidak dicalonkan oleh PDIP," ujar Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya.

Dalam simulasi yang sama, sebanyak 87,5 persen responden pemilih PDIP dan Ganjar akan tetap memilih Ganjar apabila tidak diusung PDIP sebagai capres 2024. 

Hanya sekitar lima persen responden tidak akan memilih Ganjar Pranowo jika tidak diusung PDI-P.

"Sebanyak 87,5 persen responden pemilih PDI-P dan Ganjar Pranowo menyatakan tetap memilih Ganjar Pranowo meskipun tidak dicalonkan oleh PDI-P," kata Yunarto.

Yunarto menyebut hasil survei juga mengungkap Partai Golkar dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dapat menjadi perahu baru untuk Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, apabila tidak diusung PDIP. Sebanyak 22,9 persen responden, kata Yunarto, menyatakan setuju jika Ganjar didukung Partai Golkar dan 19,1 persen menyatakan setuju melalui PKB.

Sumber: Tempo.co
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: