Hasto PDIP Beberkan Bocoran Megawati soal Waktu Pengumuman dan Kriteria Capres

BENTENGSUMBAR.COM - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri sudah menyampaikan kepadanya bahwa pengumuman calon presiden 2024 akan disampaikan pada tahun depan.

Dia menyebut partainya kini sedang dalam tahap finalisasi visi misi.

“Ibu Mega telah memutuskan bahwa rencana mengumumkan capres pada tahun 2023. Jadi itu bocoran yang saya sampaikan, bahwa bocoran akan diumumkan pada tahun 2023,” kata Hasto usai acara Refleksi Akhir Tahun 2022 DPP PDIP, Jumat, 30 Desember 2022.

Adapun sosok capres ini disebut Hasto mesti mampu melanjutkan nafas kepemimpinan Soekarno, Megawati, dan Joko Widodo alias Jokowi. 

Capres PDIP, kata dia, juga sudah dipersiapkan secara matang untuk menjadi seorang pemimpin yang dapat memikul tanggung jawab demi keberlanjutan masa depan bangsa.

Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua DPR Puan Maharani disebut-sebut menjadi kandidat kuat capres PDIP. 

Dalam sejumlah survei, elektabiliitas Ganjar konsisten di peringkat pertama, sementara elektabilitas Puan belum menunjukkan kenaikan yang signifikan.

Kendati PDIP sudah punya tiket untuk mengusung capresnya sendiri, partai berlambang banteng moncong putih ini memilih bekerja sama dengan partai lain. 

Hasto menjelaskan, kerja sama sudah menjadi bagian dari nafas ideologi partai, yakni semangat gotong royong.

“Ketika Ibu Mega menjadi Presiden pada 2004, dibangun kerja sama yang solid, bahkan kabinet Bu Mega dikatakan the great team. Kemudian pemerintahan Pak Jokowi kita juga membangun kerja sama yang solid dengan partai-partai,” kata Hasto.

Dia menegaskan partainya mengedepankan fatsun politik kala bekerja sama. 

Menurut Hasto, PDIP selalu saling menghormati dan tidak pernah menusuk dari belakang.

“Sehingga kerja sama itu suatu keniscayaan, jadi kami akan melakukan kerja sama itu, komunikasi politik terus menerus dilakukan membangun kerja sama politik yang sehat, yang senafas dengan kehendak rakyat,” ujarnya.

Adapun Puan Maharani telah didapuk oleh Megawati sebagai pemimpin rombongan safari politik PDIP ke sejumlah partai.

Safari ini dimaksudkan untuk membuka keran komunikasi dan mendiskusikan ihwal peluang kerja sama dalam Pemilihan Presiden 2024. 

Hingga kini, Puan bersama rombongannya sudah menyambangi Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Gerindra, dan Partai Golkar.

Sumber: Tempo.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »