Instagram Luncurkan Fitur Baru Notes, Apa Bedanya dengan Stories?

          Instagram Luncurkan Fitur Baru Notes, Apa Bedanya dengan Stories?
Instagram Luncurkan Fitur Baru Notes, Apa Bedanya dengan Stories?
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Instagram baru saja meluncurkan fitur baru yang memudahkan penggunanya berkomunikasi dengan teman dekat dan kerabat.

Fitur tersebut bernama Notes yang secara resmi diluncurkan pada Rabu, 14 Desember 2022.

Dengan fitur ini, pengguna bisa mengunggah unggahan status sederhana yang hanya berisikan teks dan emoji dengan jumlah maksimal 60 karakter.

Lalu apa bedanya dengan fitur Instagram Stories yang juga bisa membuat unggahan yang berisi teks dan emoji?

Perbedaannya adalah pada fitur Notes tidak melibatkan foto dan video melainkan hanya bisa mengunggah unggahan yang berisi teks dan emoji dengan jumlah karakter terbatas.

Fitur ini hampir mirip dengan unggahan di media sosial Twitter.

Unggahan Notes ini hanya akan muncul di laman Direct Message (DM), tepatnya di atas deretan daftar akun yang sedang bertukar pesan dengan kita.

Jika dibayangkan memang hampir mirip, namun Notes dan Instagram Stories berbeda.

Status Notes akan menampilkan teks dan emoji berbentuk elips yang telah ditulis pengguna tepat di atas foto profil atau avatar pengguna.

Hal lain yang membedakan Notes dan Instagram Stories adalah status Notes hanya bisa dilihat di halaman DM, bukan di halaman utama (timeline) seperti Instagram Stories.

Cara membuat unggahan Notes cukup mudah. Pengguna cukup pergi ke halaman DM dengan cara mengklik ikon ‘pesawat kertas’ di ujung kanan atas atau mengusap (swipe) layar ke kanan di tampilan timeline Instagram.

Lalu klik ikon + yang berada pada kanan atas foto profil, tulis isi status, dan pilih siapa saja yang bisa melihat unggahan Notes tersebut.

Ketika berhasil diunggah, pengguna lain dapat membalasnya dan akan masuk ke dalam pesan DM seperti balasan dari unggahan Instagram Stories.

Selain Notes, ternyata Instagram juga mengumumkan fitur baru lainnya seperti Candid Stories, Add Yours Nomination, Group Profiles, dan Collaborative Collection.

Di antara fitur-fitur baru tersebut hanya Notes yang telah diluncurkan secara global, sedangkan keempat fitur lainnya tengah dilakukan uji coba sebelum nantinya diluncurkan ke publik.

Jika Anda belum bisa menemukan fitur Notes di halaman DM, maka Anda harus memperbarui aplikasi Instagram melalui toko aplikasi di smartphone masing-masing. 

Sumber: Pikiran Rakyat 
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter:

Maklumat:

Wartawan BentengSumbar.com hanya yang namanya tercantum di box redaksi. Wartawan BentengSumbar.com dalam bertugas dilengkapi dengan ID.Card. Untuk pemasangan iklan, artikel promosi produk, dan lannya, Anda dapat menghubungi kami melalui e-Mail: redaksi.bentengsumbar@gmail.com