Jika Gagal Nyapres, Politisi Senior Sarankan 3 Alternatif Profesi Buat Anies Baswedan, Salah Satunya ke Amerika?

BENTENGSUMBAR.COM - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sudah dideklarasikan oleh Partai Nasional Demokrat atau NasDem sebagai bakal calon presiden (capres) 2024 mendatang.

Kendati sudah dicalonkan, namun Anies disebut masih bisa gagal masuk kontestasi karena koalisi yang tak kunjung terbentuk.

Berandai-andai jika Anies gagal nyapres, politikus senior Zulfan Lindan punya berbagai saran untuk Anies. Berikut saran Zulfan Lindan buat Anies jika gagal nyapres di 2024 mendatang.

Jadi Ketua Umum NasDem


Menurut Zulfan Lindan suara NasDem diuntungkan dengan mendeklarasi Anies Baswedan.

Namun elektabilitas bisa merosot jika partai Surya Paloh gagal memajukan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Oleh karena itu, Zulfan Lindan menyarankan untuk menjaga suara NasDem Anies perlu menjadi ketua umum partai biru tersebut.

"Saran saya buat Anies, pertama kalau Anies mau membesarkan NasDem, ingin bersama NasDem minta dulu dia jadi ketua umum," ujar Zulfan Lindan dalam perbincangan di Total Politik.

Ngajar di Amerika


Saran Zulfan Lindan yang kedua untuk Anies jika gagal nyapres adalah kembali menjadi akademisi.

"Yang kedua, Anies udah lah cari jalan aja bagaimana dia ngajar di Amerika dulu. Ngajar sampai 2024 pulang sudah kayak Nurcholis Majid jadi guru bangsa," kata Zulfan Lindan.

"Ambil aja lah peran itu, belajar filsafat," imbuhnya.

Menyerah dan Diperalat jadi Juru Kampanye


Saran ketiga dari Zulfan Lindan adalah menyerah dan mau diperalat NasDem untuk berkampanye meski tak dapat kursi capres.

"Jadi yang ketiga ya Anies ya udah nyerah aja siap diperalat biar kampanye untuk NasDem enggak dapat apa-apa," saran Zulfan Lindan.

"Jadi pilihannya kita serahkan pada Pak Anies Baswedan," tambahnya.

Dari ketiga saran di atas, menurut Zulfan Lindan paling tidak mungkin Anies menyerah dan mau diperalat tanpa dapat apa-apa.

Lebih lanjut, Zulfan Lindan menyebutkan jika Anies disingkirkan dari NasDem maka nasib NasDem yang akan lebih berat.

"Kalau di NasDem tanpa ada Anies siap-siap lebih banyak yang hengkang, kan sekarang naik dengan Anies capres, tiba-tiba Anies enggak jadi, terus Anies bukan ketua umum, enggak mau jadi jurkam, nanti banyak kader NasDem ke partai lain," kata Zulfan Lindan.

Sumber: Suara.com 

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »