Kepala Perpusnas Resmikan POCADI di Kota Pariaman

BENTENGSUMBAR.COM - Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas), M. Syarif Bando, resmikan Pojok Baca Digital (POCADI) Kota Pariaman yang berada di  lantai II Balaikota Pariaman, yang merupakan hibah/bantuan dari Perpustakaan Nasional.

POCADI Kota Pariaman ini terasa istimewa, karena diresmikan  orang nomor satu di Perpusnas, karena bertepatan dengan kunjungannya  untuk peletakan batu pertama atau Groundbreaking pembangunan Perpustakaan Daerah Kota Pariaman. 

Bersama dengan Bunda Literasi Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius dan disaksikan Wali Kota Pariaman, Genius Umar, Ketua DPRD Kota Pariaman, Fitri Nora, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Pariaman, M. Syukri, M. Syarif Bando, menggunting pita tanda dibukanya POCADI Kota Pariaman ini, Rabu (28/12).

“POCADI merupakan tempat membaca yang menyediakan koleksi buku cetak dan buku digital (e-book). Koleksi e-book yang ada di POCADI berasal dari konten yang tersimpan pada lokal server dan juga konten iPusnas, yang dapat diunduh mengunakan aplikasi play store,” ujar M. Syarif Bando.

Lebih lanjut Syarif Bando mengatakan, POCADI  adalah program terbaru dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, yang diharapkan dapat memberi manfaat bagi masyarakat khususnya bagi anak sekolah, dan mahasiswa serta meningkatkan minat baca masyarakat dalam membangun literasi di tengah masyarakat, ucapnya.

“Perpustakaan mempunyai peran strategis dalam membangun literasi masyarakat sebagai lembaga penyedia informasi. Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007, tentang Perpustakaan yang mempunyai tugas mengumpulkan, mengorganisasikan, mengolah dan menyebarluaskan karya-karya informasi dan karya ilmiah kepada masyarakat,” ungkapnya.

Untuk itu, Syarif Bando menambahkan, tersedianya bahan bacaan berbentuk cetak dan elektronik, diharapkan dapat memacu minat masyarakat untuk gemar membaca sekaligus meningkatkan literasi baca tulis dan digital.

Perpustakaan Nasional bekerja sama dengan pemerintahan daerah ataupun Kementerian Lembaga, dalam membangun Pojok Baca Digital ini, ulasnya.

“Selain itu, POCADI dikembangkan  Perpustakaan Nasional dengan gagasan untuk memudahkan akses informasi. Prinsip dasar perluasan POCADI, yaitu memperluas layanan perpustakaan agar dapat dinikmati di pusat-pusat kegiatan masyarakat, mempunyai konten/koleksi yang dirancang sesuai kebutuhan penggunanya, berbasis teknologi digital dan konten bahan bacaan yang beragam dan menarik,” tutupnya.

Wali Kota Pariaman  Genius Umar, mengucapkan terimakasih kepada Kepala Perpusnas dan jajaran, mulai dari Sestama (Sekretaris Utama) sampai para Deputi yang hadir, yang datang langsung dari Jakarta, untuk melakukan berbagai kegiatan di Kota Pariaman.

“Kami merasa bangga, karena POCADI Kota Pariaman ini, diresmikan langsung  Pak Kepala Perpusnas, M. Syarif Bando. Kami akan manfaatkan POCADI ini, dalam peningkatan SDM masyarakat Kota Pariaman, dan menggencarkan literasi untuk masyarakat umum,” ungkapnya.

POCADI di Balaikota Pariaman  dilengkapi dengan berbagai perangkat pop up dan aplikasi untuk media promosi, kegiatan serta koleksi e-book, audio dan video yang direkomendasi pada banner yang tersedia, seperti 3 unit PC All in one, HP 200 Pro, 1 unit DLS (Digital Library Station), 1 unit LED TV Samsung Flat 43 Inch, 1 unit TV Wall Bracket, 1 unit Perangkat Power Back up (UPS), 1 paket interior, meubelair dan jaringan komunikasi, 3 unit perangkat tablet android 32 GB, 3 unit casing tablet android, buku bacaan 150 judul 300 eksemplar. (J/at)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »