Editors' Choice

Satpol PP Kota Padang Gerebek Panti Pijat di Tunggul Hitam, Amankan 1 Orang Wanita

BENTENGSUMBAR.COM - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Padang, menggrebek panti pijat plus-plus berkedok salon di kawasan T...

Komisioner KPID Sumbar Berbagi Pandangan Terkait Kepemiluan di Riau

          Komisioner KPID Sumbar Berbagi Pandangan Terkait Kepemiluan di Riau
Komisioner KPID Sumbar Berbagi Pandangan Terkait Kepemiluan di Riau
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Studi tiru ke KPID Riau, dua orang komisioner KPID Sumbar dimintai pandangan terkait peningkatan partisipasi lembaga penyiaran dalam meningkatkan jumlah pemilih pada Pemilu tahun 2024 mendatang.

Hal ini terungkap dalam diskusi publik bersama lembaga penyiaran dengan KPID Riau, Bawaslu Provinsi Riau serta Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau.

Komisioner KPID Sumbar Koordinator Bidang PS2P Dasrul menyebutkan, lembaga penyiaran merupakan mitra terpenting dalam mensosialisasikan pemilihan umum kepada masyarakat.

Hal ini dimungkinkan karena lembaga penyiaran baik radio dan televisi telah diatur legalitasnya dalam undangiundang penyiaran yang legal dalam republik ini, sehingga potensi penyebarluasan hoax terkait kepemiluan sangat mudah untuk dikontrol.

Dasrul juga menambahkan, penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU dan Bawaslu harus juga menjadikan lembaga penyiaran ujung tombak dalam meningkatkan partisipasi pemilih yang semakin dekat, baik itu dalam kerjasama program sosialisasi Pemilu maupun sebagai lembaga kerjasama.

Sementara itu Ficky Tri Saputra, Korbid Isi Siaran KPID Sumbar juga menambahkan, KPU dan Bawaslu harus segera mengeluarkan Peraturan KPU terkait tentang pengelolaan iklan Pemilu, agar lembaga penyiaran tidak bermasalah hukum atas ketidaktahuan dalam sosialisasi partai maupun bakal calon legislatif hingga calon presiden dan wakilnya.

Mantan wartawan Padang TV ini juga meminta lembaga penyiaran baik radio maupun televisi membuat iklan layanan tentang Pemilu, karena hal ini juga di atur dalam P3SPS Yang harus dipatuhi oleh setiap lembaga penyiaran itu sendiri.

Sementara itu Ketua KPID Riau Falzan Suharman juga mengakui penyebarluasan pemberitaan media massa khususnya di radio dan TV seputar Pemilu akan membantu tugas penyelenggara dalam bersosialisasi kepada masyarakat.

Termasuk dalam membantu meningkatkan partisipasi pemilih dan berperan aktif dalam menginformasikan tahapan Pemilu.

“Tingkat partisipasi ini sebagai tolak ukur keberhasil pelaksaan pemilu, akan menjadi bagian upaya bersama," ujar Falzan.

Hadir dalam diskusi publik ini Ketua KPU Riau Ilham Muhamad Yasir, Komisioner Bawaslu Provinsi Riau Amiruddin Sijaya, dan beberapa orang komisioner KPID Riau Hisyam Setiawan Wakil Ketua KPID Riau Ahmad Raihan dan  Bambang Suwarno, selain itu juga hadir perwakilan beberapa lembaga penyiaran khususnya TV dan radio yang ada di provinsi Riau. (*)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: