Editors' Choice

Ketua MUI Larang Politik Praktis di Masjid Jelang Pemilu 2024

BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah Cholil Nafis menyatakan pihaknya melarang aktivitas polit...

Sumbar

LKAAM dan KAN Harus Saling Menguatkan, Bukan Adu Kuat

          LKAAM dan KAN Harus Saling Menguatkan, Bukan Adu Kuat
LKAAM dan KAN Harus Saling Menguatkan, Bukan Adu Kuat
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Keberadaan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) di setiap kecamatan hendaknya menjadi mitra strategis dari Forkopimca dalam upaya melestarikan adat Minangkabau dan menjadi fasilitator utama dalam menyelesaikan jika terjadi sengketa adat di nagari.

Demikian disampaikan Ketua Umum LKAAM Kabupaten Pesisir Selatan Drs. H. Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah seusai melantik Pengurus LKAAM Kecamatan Lengayang dengan Ketua Yusmajoyo, S.Pd.MM Rajo Idin di Gedung UPTD Capil di Kambang Barat, Kecamatan Lengayang, Rabu (14/12/2022).

Pelantikan Pengurus LKAAM Kecamatan Lengayang periode 202-2027 ini juga dihadiri Sekum LKAAM Pessel Ir. Syafri Herfindo Datuak Gamuak, Wakil Ketua LKAAM Pessel Ali Suhur Boy Dt. Bandaro Jambak, Camat Lengayang Alpriyendri, SP., Kapolsek Lengayang Iptu Gusmanto, SH., Danramil Lengayang, Ketua KAN Kambang Ir. Gusti Tri Dharma St. Bagindo Rajo Bukik dan Ketua KAN Lakitan Sutan Kulipah yang diwakili Datuak Putiah.

Menurut Syafrizal Ucok, sesuai AD ART LKAAM, ini adalah organisasi Ninik Mamak atau Pemangku Adat yang dimaksudkan sebagai wadah komunikasi Ninik Mamak dalam upaya melestarikan Adat Minangkabau. 

Pelestarian ini adalah menjaga terlaksananya Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah di masyarakat.

"Pengurus LKAAM tidak akan mencampuri dan melakukan intervensi terhadap Kerapatan Adat Nagari (KAN), tetapi sifatnya membantu Ninik Mamak di KAN untuk fasilitasi dan mediasi jika terjadi masalah adat atau sengketa adat yaitu sako dan pusako. LKAAM dan KAN saling menguatkan di nagari, bukan adu kuat," kata Syafrizal Ucok, yang sehari-hari adalah Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan.

LKAAM berperan sebagai penyejuk, pilar perdamaian di kecamatan, ibarat Ninik Mamak maka LKAAM kusuik nan akan manyalasaikan, kalau karuah nan akan mempajaniah. Tidak sebaliknya, LKAAM pula yang memperkeruh suasana. 

"Tujuan utama dari keberadaan LKAAM adalah bagaimana menggalang partisipasi masyarakat dalam mensukseskan program pembangunan, baik di nagari maupun di tingkat kecamatan," harap Syafrizal Ucok, Wabup Pesisir Selatan 2005-2010 ini.

Camat Lengayang Alpriyendri, SP menyambut baik terbentuk dan dilantiknya Pengurus LKAAM Kecamatan. 

Kedepannya pemerintahan kec akan bergandengan tangan dengan Pengurus LKAAM dalam mensukseskan program pembangunan di Kecamatan Lengayang. 

Camat Alpriyendri menjanjikan akan memfasilitasi LKAAM untuk dapat berkantor di Kantor Camat. 

"Meski saat ini belum ada ruangan yang bisa digunakan untuk LKAAM, tapi dalam waktu dekat akan saya usahakan. Bila perlu untuk pertemuan bisa menggunakan ruangan Camat," kata Alpriyendri. 

Pengurus LKAAM Kecamatan Lengayang yang dilantik adalah Ketua Yusmajoyo Rajo Idin, Wakil Ketua Sosrizal Lelo Bandaro Panjang, Wakil Ketua Rahmadianto Rajo Bagindo Sati, Sekretaris Rinaldi, S.Pd Sutan Saidi, Wakil Sekretaris Muhar Sutan Mudo, Bendahara Olputra Yeni, S.Pdi Bagindo Rajo dan Wakil Bendahara Alpi Masri, M.Pd Rajo Jambi. 

Laporan: Novrianto Ucoxs
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: