Editors' Choice

Ketua MUI Larang Politik Praktis di Masjid Jelang Pemilu 2024

BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah Cholil Nafis menyatakan pihaknya melarang aktivitas polit...

Pemko Padang Prioritaskan Penurunan Stunting

          Pemko Padang Prioritaskan Penurunan Stunting
Pemko Padang Prioritaskan Penurunan Stunting
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Pemerintah Kota Padang melalui Tim Percepatan Penurunan Stunting (TP2S) terus mengoptimalkan pencegahan serta penanganan masyarakat yang terverifikasi dan terindentifikasi stunting.

Sri Kurnia, Kepala Dinas Kesehatan pada Kegiatan Review Kinerja Tahunan Aksi Integrasi Stunting Kota Padang, Senin (12/12/2022), menyampaikan bahwa telah dilaksanakan program kerja kolaboratif lintas sektoral yang terintegrasi dalam upaya penurunan angka stunting di Kota Padang.

Saat ini telah dibentuk dan telah bekerja Tim Pendamping Keluarga (TPK) di 104 Kelurahan dengan jumlah sebanyak 489 tim, dengan jumlah kader sebanyak 1467 orang yg terdiri dari Kader KB, Kader PKK dan Bidan.

TPK bertugas melakukan penyuluhan, memfasilitasi pelayanan rujukan dan memfasilitasi pemberian bantuan sosial serta melakukan surveilans kepada sasaran keluarga berisiko stunting. 

TPK juga dibantu oleh pihak lain, seperti dari Tim penggerak PKK, Puskesmas, Posyandu, dan juga pihak non pemerintah.

Terkait kasus stunting pada keluarga dengan enam anak di Kecamatan Bungus Teluk Kabung yang diberitakan viral di salah satu media sosial hari kemaren, Sri Kurnia menyampaikan bahwa telah dilakukan verifikasi ke lapangan.

Dan ditemukan bahwa keluarga yang dimaksud dengan kepala keluarga an. Frengkie. 

Dari 6 orang anak yang disebutkan, hanya 2 orang yang usia balita, tapi tidak satupun yang berstatus stunting. 

Ada pun berita selanjutnya yang menyatakan bahwa keluarga ini telah seminggu hanya makan bubur air, hal tersebut tidak terjadi baru- baru ini, tapi di tahun 2020 ketika Frengki mendapat PHK dari tempat kerjanya.

Dinas Sosial menyampaikan Frengki telah terdaftar di DTKS dan sedang diusulkan sebagai penerima bantuan sosial PKH.

Frengki juga tercatat sebagai penerima bantuan bedah rumah dan telah mendapatkan bantuan inflasi BBM Perlinsos. 

Dan saat ini Frengki dan keluarga telah difasilitasi layanan kesehatannya dengan kartu KIS/JKSS. (Titin M)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: