Peningkatan Pendapatan Petani Menjadi Indikator Sasaran Utama Pemrov Sumbar

BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur Sumatera Barat membuka secara resmi  Rapat Koordinasi (rakor) Dinas Pertanian dalam hal ini diwakili oleh  Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi / Keuangan Syafrizal di Hotel Truntum, Padang, Rabu (14/12.)

Rakor yang dilaksanakan selama 2 hari tersebut  (13 - 14/12) di hadiri oleh Kepala Dinas  Pertanian se-Sumbar , Kepala Kehutanan, Bappeda, Ketahanan Pangan ,Perikanan, Peternakan dan kelompok pertanian Kab/Kota.

Dalam sambutannya Syafrizal memyampaikan pesan Gubernur bahwa petani sebagai penyumbang terbesar bagi pertumbuhan ekonomi Sumatera Barat, yaitu sekitar, 24,09% dari total kontribusi sektor pertanian, perikanan dan kehutanan.

"Peningkatan pendapatan petani tanaman pangan menjadi salah satu indikator sasaran utama pembangunan Sumatera Barat 2021-2026, yang mamaalam Perda Provinsi Sumatera Barat sebagai Program Unggulan (Progul) Sumbar Sejahtera yang bertujuan meningkatkanpendapatan petani, mewujudkan Sumbar sebagai lumbung padi dan jagung, serta mandiri beberapa
komoditas ternak," seru Syafrizal

Dukungan bagi Progul Sumbar Sejahtera diwujudkan dengan alokasi anggaran 10% dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) setiap tahunnya. 

Alokasi
Anggaran tersebut untuk pertanian, perikanan dan kehutanan dan ini merupakan bukti komitmen Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mensejahterakan petani. 

Dinas Tanaman Pangan, Hultikultura dan Perkebunan Pemprov Sumbar yang diwakili oleh Sekretaris Ferdinal Asmin menyebutkan peelu sinergis yang solid semua pihak dalam upaya meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani.

"Upaya peningkatan pendapatan petani adalah upaya lintas sektoral yang perlu disinergikan. Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memfasilitasi peran serta para pihak untuk peningkatan pendapatan petani melalui mendorong kemauan, meningkatkan kemampuan dan memperluas kesempatan bagi petani agar terwujud pembangunan pertanian berkelanjutan. Kita berharap terwujud budaya pertanian yang efisien dan efektif, pertanian alami dan ramah lingkungan, pertanian yang inklusif dan pertanian yang kompleks dengan menghasilkan ragam produk berbasis sumber daya lokal," tutup Ferdinal. 

Laporan: Novrianto Ucoxs

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »