SUMBAR

PNP Tanda Tangani MoA Dengan Pokdarwis Paingan

          PNP Tanda Tangani MoA Dengan Pokdarwis Paingan
PNP Tanda Tangani MoA Dengan Pokdarwis Paingan
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Pada hari Selasa (13/12) mulai pukul 10.00 – 12.45 WIB telah dilakukan penandatanganan MoA – Memorandum of Agreement antara Perguruan Tinggi Advokasi PNP – Politeknik Negeri Padang dengan Pokdarwis Paingan, Nagari Guguak Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat.

“Kegiatan ini kami lakukan setelah adanya kedatangan awal kami pada tanggal 27 Oktober 2022 lalu dengan langkah mengumpulkan data-data Nagari Guguak Kuranji Hilir (Guranjhil - pen) serta menelaah kegiatan Pokdarwis Paingan,” ungkap Alfatah Haries. 

Selanjutnya beliau menjelaskan bahwa di dalam perjanjian tersebut akan melaksanakan pembinaan kepada Pokdarwis Paingan dengan mengembangkan Desa Wisata GURANJHIL selama 5 tahun.
Rombongan PNP berjumlah 3 orang, yakni: Alfatah Haries,S.ST.Par.,M.Par., Rafidola Mareta Riesa,S.ST.Par.,M.Sc., dan Zengga,S.ST.Par.

Sementara Rafi panggilan akrab Rafidola Mareta Riesa memaparkan secara lugas manfaat yang diharapkan dengan hadirnya PNP di Nagari Guguak Kuranji Hilir antara lain:

1) Bertambahnya kapasitas SDM – Sumber Daya Manusia pengelola Pokdarwis Paingan, 

2) Terbangunnya sadar wisata warga masyarakat di nagari.

3) Terwujudnya pembangunan sarana dan prasaran fisik di Desa Wisata Guranjhil.

“Dibutuhkan kolaborasi antara Pokdarwis Paingan dengan Penta Helix, seperti; Akademisi, Pengusaha, Komunitas, Pemerintah dan Media (ABCGM) guna mengembangkan sebuah konsep Desa Wisata,” pungkas Rafi.

Ketua Pokdarwis Paingan – H. Ali Akbar menaruh harapan besar dan berterima kasih kepada PNP yang telah memilih Nagari Guguak Kuranji Hilir sebagai Desa Binaan PNP.

“Mewakili seluruh warga Paingan Nagari Guranjhil, kami mengucapkan terima kasih kepada PNP serta menaruh harapan terwujudnya konsep ‘Desa Wisata Guranjhil berbasis Industri’. Desa kami memiliki potensi komoditas pangan lokal yang berlimpah seperti jagung dan kelapa. Kami membutuhkan TTG – Teknologi Tepat Guna mesin pengolah jagung menghasilkan minyak jagung atau tepung jagung,” ungkap Aji sapaan akrab H. Ali Akbar penuh harap.

Kegiatan diakhiri dengan diadakannya makan siang bersama di warung Darmawati sebagai salah satu pelaku UMKM di bawah binaan Pokdarwis Paingan.

Dibuat oleh: H. Ali Akbar
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: