Relawan Yakini PDIP Usung Ganjar Pranowo Capres 2024

          Relawan Yakini PDIP Usung Ganjar Pranowo Capres 2024
Relawan Yakini PDIP Usung Ganjar Pranowo Capres 2024
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Umum Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) Immanuel Ebenezer atau yang kerap disapa Noel hakulyakin Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bakal jadi calon presiden usungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). 

Apalagi, kata dia, elektabilitas Ganjar sudah tinggi dan konsisten di peringkat pertama dalam sejumlah survei.

Kendati demikian, Noel menyebut Ganjar pasti patuh terhadap keputusan partai ihwal pencapresan. 

Partai berlambang banteng moncong putih ini menyerahkan kewenangan ihwal pencapresan di tangan Ketua Umum, Megawati Soekarnoputri.

“Meski Mas Ganjar elektabilitasnya tinggi, dia pasti patuh terhadap keputusan partai,” kata Noel kepada Tempo, Selasa, 20 Desember 2022.

Selain Ganjar, nama Ketua DPP PDIP Puan Maharani disebut-sebut menjadi kandidat kuat capres 2024. 

Ganjar dan Puan dikabarkan bersaing demi mendapatkan tiket capres.

Namun belakangan, keduanya nampak mesra saat menghadiri sejumlah acara di Solo, Jawa Tengah. 

Misalnya, acara pembukaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Stadion Manahan Solo, Sabtu, 19 November 2022 lalu. 

Keduanya kembali bertemu saat menghadiri pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) XVII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Senin, 21 November 2022. Dalam beberapa pertemuan tersebut, Ganjar nampak mesra dengan Puan.

Menurut Noel, kedekatan hubungan antara Ganjar dan Puan menunjukkan bahwa sudah ada kesepakatan politik di antara dua kader PDIP tersebut. 

“Kita tetap optimistis ke depan pasti ada kejutan yang dilakukan PDIP soal kandidasi. Soal Mas Ganjar sudah melakukan pendekatan dengan Puan maupun sebaliknya, saya yakin sudah ada kesepakatan politik di antara mereka," ujarnya.

Sebagai partai politik, Noel mengatakan keputusan PDIP soal capres dan cawapres mesti berdasarkan alasan yang rasional. 

Menurut dia, PDIP sudah punya sejumlah variabel untuk memilih sosok capres yang menjamin kemenangan partai.

Kendati Puan merupakan putri Ketua Umum, Noel yakin karakter Mega yang prinsipil dan ideologis membuatnya memilih capres yang membawa partainya menuju kemenangan.

“Secara emosional sebagai anak, iya. Tapi itu tidak mungkin, PDIP pasti hitung secara rasional buat pemenangan PDIP itu sendiri, apalagi sudah punya jargon hattrick 2024 menang,” kata dia.

Survei SMRC Tempatkan Ganjar di Posisi Pertama

Survei teranyar Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo masih menduduki peringkat pertama sebagai calon presiden 2024 dengan mendulang suara sebesar 33,7 persen. 

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, menyebut dari Mei 2021 ke Desember 2022, suara Ganjar meningkat dari yang sebelumnya 25,5 persen.

Adapun peringkat kedua ditempati oleh capres usungan Partai NasDem Anies Baswedan.

Bekas Gubernur DKI Jakarta tersebut meraup suara sebesar 28,1 persen alias meningkat dari yang sebelumnya 23,5 persen pada Mei 2021.

Sementara itu, hasil survei SMRC menunjukkan suara capres usungan Partai Gerindra yang juga Ketua Umum, Prabowo Subianto, mengalami penurunan.

Pada Mei 2021, Prabowo masih memimpin dengan suara sebesar 34,1 persen. 

Namun pada bulan ini, Menteri Pertahanan tersebut hanya meraup suara sebesar 26,1 persen dan menempati peringkat tiga.

“Jaraknya tidak jauh beda antara Anies dengan Ganjar 5 persen, kemudian Anies dengan Prabowo hanya 2 persen. Sangat ketat,” kata Deni saat memaparkan hasil survei melalui Youtube SMRC TV, Selasa, 20 Desember 2022.

Kendati demikian, Deni mengatakan ketiga bakal capres tersebut belum ada yang meraup suara di atas 50 persen. 

Oleh sebab itu hingga saat ini, Deni mengatakan gelaran Pemilihan Presiden 2024 akan berlangsung dua putaran.

Deni menjelaskan, dari perbandingan hasil survei pada Mei 2021 hingga Desember 2022, perubahan preferensi pemilih tertangkap jelas. 

Anies Baswedan menyalip posisi Prabowo Subianto, namun Ganjar Pranowo masih memimpin.

Akan tetapi, kata Deni, posisi Ganjar di peringkat satu belum bisa dibilang aman. 

Pasalnya, Anies membuktikan bisa menyalip Prabowo di peringkat dua.

“Namun bukan berarti Ganjar akan aman kalau Anies masuk ke posisi dua, kita tidak tahu apa yang terjadi pada bulan-bulan berikutnya,” ujarnya.

Survei SMRC ini digelar pada 3-11 Desember 2022 melalui wawancara tatap muka.

Responden survei sebanyak 1029 orang dipilih dengan metode multistage random sampling. 

Sementara itu, margin of error hasil survei sebesar kurang lebih 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sumber: Tempo.co
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter:

Maklumat:

Wartawan BentengSumbar.com hanya yang namanya tercantum di box redaksi. Wartawan BentengSumbar.com dalam bertugas dilengkapi dengan ID.Card. Untuk pemasangan iklan, artikel promosi produk, dan lannya, Anda dapat menghubungi kami melalui e-Mail: redaksi.bentengsumbar@gmail.com