Sumbar

Sosialisasi Peningkatan Kompetensi Kepsek, Mutu Pendidikan Harus Ditingkatkan di Pariaman

          Sosialisasi Peningkatan Kompetensi Kepsek, Mutu Pendidikan Harus Ditingkatkan di Pariaman
Sosialisasi Peningkatan Kompetensi Kepsek, Mutu Pendidikan Harus Ditingkatkan di Pariaman
Iklan
BENTENGSUMBAR.COM - Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Kota Pariaman, Pemerintah Kota Pariaman melalui Dewan Pendidikan mengadakan Sosialisasi Peningkatan Kompetensi kepala sekolah TK, SD, SMP beserta Pengawas dan Penilik se-Kota Pariaman, bertempat di aula Balaikota Pariaman, Selasa (6/12/2022).

Walikota Pariaman Genius Umar dalam sambutannya mengatakan, saat ini peran guru sedikit berbeda yaitu membimbing anak untuk mencari ilmu yang benar, dan saya mengapresiasi Kurikulum Merdeka Belajar yang ada saat ini. Karena sumber ilmu itu tidak hanya didapat dari guru saja tapi dari lingkungan sekitarnya.

Genius menyebutkan, guru harus mengubah mindsetnya, guru harus mempunyai wawasan yang lebih dari muridnya.

"Mutu pendidikan harus ditingkatkan, seperti sarana dan prasarana sekolah harus lengkapi, cara mengajar tenaga pendidik juga harus selalu ditingkatkan, karena ketika kualitas guru meningkat akan ilmu yang diterima, anak didikpun semakin meningkat sehingga murid lebih percaya diri dan bersemangat menerima setiap ilmu yang diberikan oleh guru mereka ," ujar Genius Umar.

Pemerintah Kota Pariaman menjadikan pendidikan sebagai education mindstream, dimana mengambil kebijakan dengan mengarusutamakan pendidikan. Karena pada prinsipnya pendidikan itu adalah investasi masa depan.

"Kesuksesan suatu daerah dan bangsa itu tergantung bagaimana pendidikannya. Sehingga banyak negara-negara maju menganggap pendidikan itu sebagai gerbang kemajuan ," ujar Genius Umar.

Oleh sebab itu, Pemko Pariaman sangat fokus pada sektor pendidikan ini, yakni dengan membuat program wajib belajar 12 tahun, program Saga Saja, termasuk peningkatan mutu guru pendidik.

"Program-program yang telah dibuat ini harus didukung penuh oleh dinas terkait, diikuti oleh sekolah-sekolah. Tidak ada kepala sekolah yang diam, kepala sekolah harus meningkatkan mutu pendidikan disekolah yang ia pimpin. Apalagi kebutuhan anak-anak untuk pendidikan juga semakin meningkat ," pungkasnya mengakhiri. (win/at)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: