SUMBAR

Terungkap, Spesifikasi Jet Pribadi Anies Baswedan Saat Safari Politik ke Sumbar

          Terungkap, Spesifikasi Jet Pribadi Anies Baswedan Saat Safari Politik ke Sumbar
Terungkap, Spesifikasi Jet Pribadi Anies Baswedan Saat Safari Politik ke Sumbar
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Calon presiden dari Partai Nasdem, Anies Baswedan, menyedot perhatian publik setelah video yang memperlihatkan dirinya tiba di Padang, Sumatra Barat menggunakan jet pribadi viral di media sosial.

Tidak sedikit warganet yang menyebut mantan Gubernur DKI Jakarta ini bermewah-mewahan bahkan turut mempertanyakan asal muasal jet pribadi yang ia tumpangi.

Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali, menjelaskan bahwa Anies tiba di Padang menggunakan jet pribadi karena alasan efisiensi waktu dan belum ada pesawat komersil rute Aceh-Padang.

Karena alasan itulah, Nasdem sebagai partai yang mengusung Anies pada Pilpres 2024 mendatang memfasilitasi mantan Rektor Universitas Paramadina ini sebuah jet pribadi untuk terbang langsung dari Aceh menuju Padang.

"Memang enggak bisa ya Anies naik private jet? Kita enggak maksud bermewah-mewahan. Tapi karena efektivitas waktu," ujar Ali sebagaimana diberitakan Kompas.com sebelumnya.

Jet pribadi yang ditumpangi Anies Baswedan


Ali mengatakan, jet pribadi yang ditumpangi Anies merupakan sewaan dan menegaskan bahwa calon presiden yang diusung partainya tidak mempunyai kendaraan mewah seperti ini.

Usut punya usut, Kompas.com mendapati temuan bahwa jet pribadi yang digunakan Anies bersama rombongan ketika tiba di Ranah Minang adalah Embraer Legacy 650.

Informasi tersebut diketahui melalui pelacakan penerbangan Embraer Legacy 650 yang ditumpangi Anies melalui situs Flight Radar 24, Sabtu (3/12/2022).

Dilansir dari Jet Craft, Embraer Legacy 650 termasuk ke dalam keluarga jet bisnis Embraer yang didasarkan pada jet penumpang pesawat komersial regional ERJ-145.

Embraer Legacy 650 adalah turunan dari model Legacy 600 tetapi menawarkan jangkauan yang lebih jauh dan lorong yang lebih rendah dengan ruang kepala yang lebih besar.

Embraer Legacy 650 adalah versi jarak jauh dari Legacy 600 yang sudah diumumkan pada acara tahunan NBAA 2009 dan disertifikasi oleh Federal Aviation Administration (FAA) pada Februari 2011.

Walau Embraer Legacy 650 masih digunakan hingga hari ini, produksi pesawat tersebut sebenarnya sudah berakhir pada 2017 dengan total 97 pesawat yang pernah diproduksi.

Spesifikasi mesin Embraer Legacy 650

Embraer Legacy 650 seperti yang ditumpangi Anies mempunyai bentang sayap 28,5 meter dan panjang badan pesawat 30,3 meter.

Jet pribadi ini dibekali mesin Rolls Royce AE3007A2 yang terletak di dekat sayap bagian belakang dan dapat melesat hingga kecepatan 850 km/jam dan memiliki jangkauan hingga 3.900 mil.

Dua mesin Rolls Royce AE3007A2 masing-masing memberikan daya dorong 9.020 pon yang memungkinkan kemampuan jangkauan tambahan.

Jet pribadi ini turut dilengkapi kabin dengan tinggi 1,8 meter, lebar 2,1 meter, panjang 15 meter beserta tambahan 14 kursi penumpang dan dua kursi untuk kru.

Untuk memfasilitasi perjalanan jarak jauh, transportasi eksekutif ini memiliki tangki bahan bakar tambahan serta winglet untuk mengurangi hambatan yang berlebihan.

Dilansir dari Guardian Jet, harga Embraer Legacy 650 berada di kisaran Rp 198-366 miliar.

Sumber: Kompas.com
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: