Editors' Choice

Ketua MUI Larang Politik Praktis di Masjid Jelang Pemilu 2024

BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah Cholil Nafis menyatakan pihaknya melarang aktivitas polit...

Teori Reborn Rich Diduga Terinspirasi Kisah Samsung

          Teori Reborn Rich Diduga Terinspirasi Kisah Samsung
Teori Reborn Rich Diduga Terinspirasi Kisah Samsung
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Reborn Rich menjadi salah satu drama Korea yang menarik perhatian banyak penonton beberapa waktu terakhir. Drama yang dibintangi Song Joong-ki itu mengisahkan intrik dalam keluarga chaebol, konglomerat industrial besar.

Kisah tersebut kemudian dipadukan dengan bumbu fantasi lewat reinkarnasi karakter utama yang diperankan Song Joong-ki.

Drama tersebut merupakan hasil adaptasi web novel bertajuk novel web bertajuk Chaebol Family's Youngest Son karya penulis bernama pena Sankyung.

Seperti diberitakan Korea Herald beberapa waktu lalu, Sankyung mengaku terinspirasi dari kisah di dunia nyata untuk novel webnya tersebut.

"Sangat terinspirasi chaebol yang nyata di Korea Selatan seperti grup Samsung dan Hyundai Motor ketika menuliskan cerita," tulis pemberitaan tersebut. 

Genre chaebol menjadi salah satu yang disukai penonton Korea Selatan, beberapa di antaranya seperti SKY Castle, Mine, dan masih banyak lagi.

Sankyung pun berkomentar mengenai alasan banyak orang menyukai genre chaebol dan intrik di dalamnya.

"Tidak hanya manusia, bahkan primata membentuk hierarki dalam masyarakat mereka. Kelas secara alami membedakan. Ada yang ingin menghilangkan sistem kelas, tapi lebih banyak lagi yang ingin memanfaatkan itu," kata Sankyung.

"Saya menyadari hal itu ketika Jin Yang-chul, karakter yang bisa menjadi penjahat disukai begitu banyak penonton. Orang-orang menyukai pimpinan yang mendominasi mereka."

Teori Reborn Rich dan Samsung
Kondisi tersebut yang kemudian juga ditampilkan di layar kaca. Dalam episode-episode awal Reborn Rich, pendiri Sunyang Group Jin Yang-chul (Lee Sung-min) memutuskan membeli perusahaan semikonduktor mesti ditentang keluarga dan rekan.

Kisah dalam episode tersebut serupa dengan kondisi Samsung Group yang berani bertaruh untuk mengakuisisi perusahaan semikonduktor pada 1970-an.

Kala itu, mantan pendiri Samsung mendiang Lee Byung-chul dan anaknya selaku pemimpin Samsung mendiang Lee Kun-hee membeli Hankook Semiconductor meski perusahaan mereka kala itu baru bisa membuat IC (integrated circuit) sederhana yang digunakan jam tangan dan televisi hitam putih.

Seorang rekan Lee Kun-hee disebut pernah menceritakan bahwa pemimpin Samsung itu bersikeras membujuk ayahnya untuk masuk ke industri semikonduktor karena meyakini chip menjadi industri yang sama lakunya dengan beras di masa mendatang.

Hal tersebut terbukti setelah perusahaan tersebut mengumumkan pengembangan DRAM 64 kilobit pada 1983. Dalam 10 tahun, Samsung jadi perusahaan pertama yang mengembangkan DRAM 64 megabit pada 1992, mengalahkan Jepang dan AS.

Perusahaan yang awalnya dikenal sebagai angkutan truk pada 1938 ini terus berkembang menjadi pembangkit tenaga listrik semikonduktor global dan pemimpin pasar dalam memory chip.

Teori industri mobil di Reborn Rich


Dalam drama Reborn Rich, pimpinan Sunyang Group Jin Yang-chul begitu menggilai mobil. Ia bahkan bisa bersembunyi di garasi pribadinya berjam-jam hanya untuk mempelajari mobil yang dibuat asing.

Sunyang Motor yang berada di posisi akhir dalam industri mobil memacu Jin mengakuisisi Ajin Motors, pembuat mobil terbesar kedua dipaksa jadi kurator pengadilan karena tak dapat menahan tekanan untuk membayar kembali pinjaman.

Namun, upaya itu tak berjalan lancar karena krisis keuangan melanda Asia, termasuk Korea Selatan pada akhir 1990-an. Setelah segala upaya, Jin berhasil mengakuisisi Ajin Motors.

Di dunia nyata, ambisi Samsung untuk otomotif masih belum menjadi nyata. Perusahaan itu meluncurkan Samsung Motors pada 1995. Namun, mereka harus mengajukan kurator pengadilan setelah beroperasi empat tahun.

Mereka juga terpaksa menjual bisnis otomotifnya ke Grup Renault Prancis buntut krisis keuangan Asia.

Saat Samsung menelan pahit bisnis otomotif, Hyundai Motor Group menjadi pembuat mobil nomor satu di Korea Selatan setelah mengakuisisi Kia dan mendominasi lebih dari 80 persen pasar domestik.

Salah satu perwakilan Samsung yang enggan disebutkan namanya mengaku mengikuti drama tersebut. Reborn Rich juga disebut dipantau oleh teman-temannya yang bekerja di grup chaebol.

"Benar kalau dibilang kami ada kekhawatiran mengenai drama yang melecehkan chaebol," kata perwakilan Samsung tersebut.

"Drama ini begitu disukai banyak orang, kami mencoba menonton acara ini hanya untuk bersenang-senang."

Reborn Rich merupakan drama hasil adaptasi novel web bertajuk Chaebol Family's Youngest Son yang menayangkan tiga episode per pekan.

Drama itu menceritakan kematian seseorang akibat dijebak karena penggelapan oleh keluarga chaebol atau konglomerat yang telah ia layani selama lebih dari 10 tahun.

Tak disangka, ia kembali terlahir menjadi putra bungsu dari keluarga chaebol yang ia layani dan berencana membalas dendam untuk mengambil alih kekayaan keluarga tersebut secara bertahap.

Kepelikan keluarga chaebol Grup Sunyang tersebut dapat disaksikan dalam Reborn Rich. Drama Korea itu tayang setiap Jumat, Sabtu, dan Minggu. Reborn Rich bisa ditonton di Viu.

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: