Wako Hendri Septa Terima Penghargaan Produktivitas "Siddhakarya" Tingkat Sumbar 2022

BENTENGSUMBAR.COM - Wali Kota Padang Hendri Septa kembali menambah pundi-pundi penghargaan atas prestasi dari kinerjanya dalam memimpin Kota Padang sejauh ini.

Kali ini sang Wali Kota milenial itu pun berhasil mendapatkan penghargaan Produktivitas Perusahaan "Siddhakarya" Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2022 dari Pemerintah Provinsi Sumbar.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi melalui penyematan Pin Siddhakarya disertai trophy dan piagam kepada Wali Kota Padang yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang di Hotel The ZHM Premiere Padang, Selasa (27/12/2022).

Seperti diketahui, dalam penganugerahan penghargaan Produktivitas Perusahaan "Siddhakarya" Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2022 tersebut, sebanyak 6 (enam) perusahaan di Kota Padang juga mendapatkan penghargaan.

Diantaranya adalah PT Abaisiat Raya, Hotel Rangkayo Basa serta RM Lamun Ombak dan Hotel Axana dengan meraih kualifikasi Unggul. Selanjutnya juga ada PT. statika Mitra Sarana dan PT. Jirah Anugerah Mandiri dengan kategori Berkembang.

"Alhamdulillah, atas nama Pemerintah Kota Padang, kita bersyukur sekali kinerja Pemko Padang terus mendapat apresiasi baik di tingkat Pemprov Sumbar dan juga Pemerintah Pusat. Semoga prestasi ini semakin meningkatkan motivasi bagi kita jajaran Pemko Padang dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada publik/masyarakat," ungkap Sekda Andree Algamar kepada wartawan didampingi Kepala Disnakerin Dian Fakri usai menerima penghargaan tersebut.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi dalam sambutan dan arahannya menyampaikan selamat kepada Bupati dan Wali Kota se-Sumbar selaku Pembina Siddhakarya, beserta para pimpinan perusahaan terdiri dari perusahaan besar, menengah dan kecil yang sukses menerima Anugerah Siddhakarya kali ini.

"Penghargaan Produktivitas Perusahaan Siddhakarya yang mempunyai arti Karya Unggul ini, merupakan penghargaan kualitas dan produktivitas yang diberikan tingkat provinsi. Hal ini dilaksanakan sebagai upaya untuk lebih memasyarakatkan konsep kualitas dan produktivitas, sekaligus memberikan pengakuan kepada perusahaan yang telah berhasil 
menerapkan konsep kualitas dan produktivitas sejauh ini," ungkap Gubernur Mahyeldi.

Sementara, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumbar Nizam Ul Muluk juga menjelaskan, penganugerahan Produktivitas Perusahaan ”Siddhakarya” adalah penghargaan yang diberikan oleh Gubernur Sumbar kepada perusahaan Karya Prima. 

"Dalam penilaian dan penganugerahan Siddhakarya tahun 2022 ini, kita telah melakukan berbagai hal. Diantaranya mulai dari sosialisasi serta permohonan kepersertaan bagi perusahaan yang berminat dan memenuhi persyaratan melalui Aplikasi SIMPRO (Sistem Manajemen Peningkatan Produktivitas). Penghargaan ini memang bukanlah tujuan akhir, melainkan suatu rangkaian proses pengembangan dan peningkatan kinerja perusahaan yang ada di Sumbar secara komprehensif," jelasnya. 

Nizam juga membeberkan, bagi perusahaan yang menerima Siddhakarya kategori Unggul nantinya di tahun 2023 akan dilanjutkan dengan penganugerahan produktivitas Paramakarya tingkat nasional yang akan dianugerahkan oleh Presiden RI.

"Kami berharap, apabila perusahaan besar, perusahaan menengah dan perusahaan kecil mampu terus mengembangkan usahanya, maka akan sangat membantu program pemerintah dalam mengatasi masalah ketenagakerjaan. Terutama sekali untuk mengurangi pengangguran, karena sebagian besar perusahaan di Sumbar yang jumlahnya besar berada pada kategori perusahaan kecil dan menengah," harapnya.

Begitu pula tambah dia lagi, jika sebagian besar para pengusaha kecil dan menengah telah mampu meningkatkan produksi dan kualitas hasil usahanya, maka kesejahteraan sebagian masyarakat juga akan tumbuh dan berkembang. 

"Hal ini dikarenakan perusahaan akan mampu menyerap tenaga kerja yang lebih banyak, sehingga jumlah pengangguran akan berkurang. Jadi ini tujuan pemberian penghargaan Siddhakarya tersebut sebenarnya. Sebagaimana yang belum meraihnya dapat meraihnya. Sedangkan yang sudah menerima aungerah ini dapat mempertahankan dan meningkatkannya," pungkasnya. (Dv/Prokopim Pdg)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »