Andre Rosiade Bantu Perguruan Pencak Silat di Bungus

BENTENGSUMBAR.COM - Anggota DPR RI asal Sumatra Barat (Sumbar) H Andre Rosiade begitu peduli terhadap tradisi dan kebudayaan Minangkabau. Seperti saat berkunjung ke Bungus Teluk Kabung (Bungtekab) Kota Padang beberapa waktu lalu, Andre bertemu dengan pengurus Perguruan Pencak Silat Qalbu Thahir Kumango Bungus.

Sekretaris Pencak Silat Qalbu Thahir Kumango Fahmi mengatakan, perguruan mereka berdiri sejak beberapa tahun lalu dan saat ini memiliki sekitar 50-an murid.

Fahmi bersama guru besar Arlis dan beberapa tokoh silat lainnya, langsung memimpin Latihan pencak silat, biasanya di akhir pekan.

Usai pertemuan itu, Andre Rosiade meminta timnya untuk mengantarkan bantuan kepada perguruan pencak silat. Bantuan diterima oleh Fahmi beserta pengurus perguruan lainnya.

“Alhamdulillah, terima kasih pak Andre Rosiade atas bantuan yang diberikan. Semoga menjadi berkah bagi bapak dan juga bisa bermanfaat bagi kami,” kata Fahmi usai menerima bantuan yang diserahkan staf Andre Rosiade, Bimo Nurrahman.

Bimo mengatakan, saat pertemuan dengan pengurus perguruan di Bungus, dia meminta tim untuk mendatangi langsung perguruan dan menyerahkan bantuan. 

“Kami juga diberikan amanah, jika masih ada kekurangan-kekurangan, bisa mengajukan proposal kembali kepada pak Andre Rosiade. Semoga bisa dibantu juga,” katanya.

Fahmi menyebut, selain sasaran silat, mereka juga merencanakan akan membangun sanggar untuk remaja di Bungtekab, utamanya Bungus Barat.

Karena, banyak pemuda yang harus dijaga dari serangan bahaya laten narkoba, game online, dan perbuatan maksiat lainnya.

“Rencananya, selain membuat sasaran atau tempat latihan silat, kami juga akan membuat sanggar. Dalam sanggar itu kami akan lengkapi dengan pelatihan tari, randai, pencak silat dan lainnya. Sekarang sudah dalam proses dalam pendiriannya,” kata Fahmi.

Fahmi berharap, proposal yang diserahkan kepada tim Andre Rosiade bisa diproses segera. Karena, banyak manfaat yang akan didapat jika benar terwujud. 

“Kami kerap mendengar pak Andre Rosiade membantu rumah ibadah dan Pendidikan. Semoga juga bisa membantu kami yang sedang mengupayakan sanggar seni dan budaya ini,” katanya.

Andre Rosiade mengatakan, sebagai wakil rakyat dari Sumbar, dia selalu mendukung upaya-upaya untuk melestarikan kebudayaan Minangkabau. 

“Insya Allah, kami mendukung sasaran silek di Bungus ini. Begitu juga dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi pemuda lainnya. Agar mereka bisa terhindar dari bahaya narkoba dan sejenisnya,” kata Ketua DPD Gerindra Sumbar ini. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »