Sumbar

Bakal Koalisi Pengusung Anies Baswedan Tak Kunjung Deklarasi, Rocky Gerung Duga Ada yang Mulai Ancang-ancang: 'Kita Hajar Dulu Anies...'

          Bakal Koalisi Pengusung Anies Baswedan Tak Kunjung Deklarasi, Rocky Gerung Duga Ada yang Mulai Ancang-ancang: 'Kita Hajar Dulu Anies...'
Pengamat Politik sekaligus akademisi Rocky Gerung menyoroti masih alotnya bakal koalisi pengusung Anies Baswedan “Koalisi Perubahan”.
Iklan
BENTENGSUMBAR.COM - Pengamat Politik sekaligus akademisi Rocky Gerung menyoroti masih alotnya bakal koalisi pengusung Anies Baswedan “Koalisi Perubahan” yang tak kunjung lakukan deklarasi bersama.

Rocky menilai lambatnya deklarasi koalisi menimbulkan kesan lemahnya Anies sebagai kandidat dari berbagai macam gangguan termasuk soal ramai dugaan kriminalisasi. 

Karenanya Rocky menilai deklarasi harus segera diresmikan atau paling tidak diucapkan sebagai komitmen tetap.

“Mungkin minggu depan harus diucapkan. Kalau tidak mereka menyiksa Anies. Siksaan itu justru dibaca orang semacam Pak Firli, ‘Kalau begitu kita hajar dulu Anies sebelum dia ada wakil presiden',” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Anies meski secara antusiasme masyarakat kuat dalam langkah pencapresannya, bayang-bayang jerat hukum masih terus menghantui bahkan sempat disebut ada upaya pemaksaan agar kasus seperti dugaan korupsi Formula E dinaikkan ke tingkat penyidikan.

Menurut Rocky, akan beda alurnya jika Anies sudah punya basis koalisi kuat sehingga upaya-upaya penjegalan yang kental unsur politis bisa diminimalisir ruang geraknya.

“Bayangkan kalau Anies sudah dideklarasikan harusnya sudah punya wakil presiden, nah itu KPK agak sulit karena KPK anggap Anies punya dukungan publik yang kuat,” tambahnya.

Rocky juga menyoroti manuver Partai Demokrat yang akhir-akhir ini dinilai makin ngotot agar Ketua Umum mereka yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) wajib jadi cawapres Anies dalam upaya membangun koalisi bersama NasDem dan PKS.

Menurut Rocky ini adalah hal yang wajar karena ketika nanti sudah sepakat dan resmi ketiga partai tersebut berkoalisi, maka sosok Susilo Bambang Yudhoyono lah yang akan jadi tokoh senior utama yang akan turun gunung memenangkan poros tersebut.

“Mungkin Pak Surya Paloh tahu bahwa dia nanti akan ada di belakang layar karena SBY akan tampil, itu pasti akan terjadi dalam komunikasi politik tetapi orang akan ingat bahwa Surya Paloh adalah king maker yang cerdas dan cerdik,” ujarnya.

PKS yang juga disebut mengusahakan agar kadernya yakni Ahmad Heryawan (Aher) bisa jadi cawapres, menurut Rocky akan dilakukan pendekatan oleh Surya Paloh agar bisa “mengalah”.

“PKS lagi diloby supaya nggak terlalu baper lah kira-kira begitu,karena ini kepentingan untuk mencari figur yang jadi antitesis terhadap Jokowi,” ujarnya.

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: