Berdayakan Warga Binaan, Lapas Kelas II B Pasaman Terus Lakukan Inovasi

          Berdayakan Warga Binaan, Lapas Kelas II B Pasaman Terus Lakukan Inovasi
Berdayakan Warga Binaan, Lapas Kelas II B Pasaman Terus Lakukan Inovasi
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Terbuka Kelas ll B Pasaman terus berinovasi dalam memberdayakan warga binaan yang berada di lapas tersebut. 

Memanfaatkan penggunaan lahan dan fasilitas yang dimiliki lapas, setiap warga binaan dibekali cara bertani, beternak, pertukangan, kelistrikan serta pembekalan dalam kerajinan tangan.

Rabu, 18 Januari 2023, pembinaan kepada warga binaan lapas tersebut membuahkan hasil, Lapas terbuka melakukan panen jagung dan memancing bersama di kebun milik Lapas terbuka Kelas llB Pasaman.

Kepala Kantor Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Wilayah (Kanwil Kemenkumham) Sumatera Barat,Haris Sukamto, mengatakan sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Kalapas Terbuka Kelas ll B Pasaman dalam melakukan pembinaan terhadap warga binaan yang menjalani masa penahanan di lapas terbuka tersebut.

”Saya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Kalapas Terbuka Kelas llB Pasaman ini, dimana telah membangun sarana Lapas Terbuka dan telah sukses dalam membina warga binaannya," katanya

Menurutnya saat ini Lapas terbuka Kelas llB Pasaman telah mengalami kemajuan dalam memberikan edukasi dan pembinaan terhadap warga binaan dilapas terbuka tersebut terutama pembinaan pertanian, perikanan pertukangan, peternakan dan kelistrikan.

Selain itu Haris Sukamto juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Pasaman Barat yang selama ini telah mendukung Kemenkumham dalam menjalankan tugas pokoknya dibidang Hukum dan Ham.

"Pertama kami ucapkan selamat Ulang tahun buat Pasaman Barat, juga terimakasih yang tak terhingga Kami sampaikan kepada Pemda Pasaman Barat yang selama ini telah mendukung kami dalam menjalankan tugas," ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto dalam sambutannya, Ia berharap Lapas terbuka Kelas llB Pasaman dapat memanfaatkan lahan secara maksimal selain itu Pemda Pasaman Barat juga siap bekerja sama dengan Kemenkumham wilayah Sumbar.

"Apa yang menjadi bagian kerja Kanwil Kemenkum HAM Sumbar juga menjadi bagian kerja Pemda Pasaman Barat, dan kita siap bekerja sama untuk itu," tegasnya.

Selain itu menurut Risnawanto apa yang dilakukan oleh Lapas Terbuka Kelas llB Pasaman saat ini searah dengan program Pemda Pasaman Barat untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

Menurutnya banyak hal yang harus diperbuat baik dari daerah maupun ke pusat, terutama mendukung program yang dicanangkan oleh pemerintah pusat.

"Saat ini sektor ekonomi menentukan maju mundurnya suatu daerah, dengan adanya program yang dilakukan Lapas Terbuka Pasaman saat ini nantinya bisa menjadi contoh untuk mendukung program ketahanan pangan Nasional di daerah Pasaman Barat dengan memanfaatkan lahan disekitar," ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga dihadiri oleh Kakanwil Sumbar Haris Sukamto, Wakil Bupati Pasaman Barat, Risnawanto, Polres Pasbar, Kejari Pasbar, dan seluruh Kalapas sesumbar serta stakeholder terkait. (Rido)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter:

Maklumat:

Wartawan BentengSumbar.com hanya yang namanya tercantum di box redaksi. Wartawan BentengSumbar.com dalam bertugas dilengkapi dengan ID.Card. Untuk pemasangan iklan, artikel promosi produk, dan lannya, Anda dapat menghubungi kami melalui e-Mail: redaksi.bentengsumbar@gmail.com