Dirjen Imigrasi Silmy Karim Akan Kejar Harun Masiku PDIP

BENTENGSUMBAR.COM - Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM ( Dirjen Kemenkumham) Silmy Karim mengaku akan mempelajari ihwal perlintasan buron kasus dugaan korupsi kader PDI Perjuangan (PDIP) Harun Masiku.

Silmy tak menjelaskan secara detail terkait strategi pihaknya untuk membawa pulang Harun Masiku ke Indonesia.

Ia hanya mengatakan bakal mengecek perlintasan Harun Masiku agar dapat menentukan upaya yang akan Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi tempuh.

"Saya baru hari pertama, saya pelajari nanti kita cek kemungkinannya seperti apa," kata Silmy usai pelantikan di Graha Pengayoman Kemenkumham RI, Jakarta Selatan, Rabu (4/1).

Dalam sambutannya, Silmy mengatakan pada 2023 peraturan perlintasan internasional sudah lebih terbuka dibanding tahun-tahun sebelumnya. 

Hal itu pun berdampak pada perlintasan masuk dan keluar dari Indonesia.

Oleh sebab itu, Silmy menegaskan agar kewaspadaan dalam penegakan hukum keimigriasian lebih ditingkatkan lagi.

Silmy resmi dilantik sebagai Dirjen Imigrasi Kemenkumham oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly pada hari ini, Rabu (4/1).

Sebagi informasi, Harun Masiku ditetapkan ke dalam DPO KPK sejak 20 Januari 2020 silam.

Harun terjerat kasus dugaan suap penetapan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR RI periode 2019-2024.

Harun diproses hukum karena diduga menyuap mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan agar bisa ditetapkan sebagai pengganti Nazarudin Kiemas yang lolos ke DPR, namun meninggal dunia.

Ia diduga menyiapkan uang sekitar Rp850 juta untuk pelicin agar bisa melenggang ke Senayan. 

Dalam proses penanganan kasus ini, KPK telah mengirim surat permohonan penerbitan red notice untuk memburu Harun Masiku PDIP.

Surat permohonan penetapan status buron internasional itu dikirim ke Sekretaris National Central Bureau (NCB) Interpol Indonesia, Badan Pemelihara Keamanan Polri, Senin, 31 Mei 2021.

Selain itu, KPK juga bekerja sama dengan Ditjen Imigrasi Kemenkumham yang mempunyai tugas mengawasi lalu lintas seseorang untuk masuk dan keluar wilayah RI.

KPK mengklaim terus bekerja, tetapi informasi mengenai perkembangan pencarian Harun nihil.

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »