Editors' Choice

Satpol PP Kota Padang Gerebek Panti Pijat di Tunggul Hitam, Amankan 1 Orang Wanita

BENTENGSUMBAR.COM - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Padang, menggrebek panti pijat plus-plus berkedok salon di kawasan T...

Ini Langkah-langkah Jadi Pengusaha Sukses Ala Millenial, Harap Disimak!

          Ini Langkah-langkah Jadi Pengusaha Sukses Ala Millenial, Harap Disimak!
Ini Langkah-langkah Jadi Pengusaha Sukses Ala Millenial, Harap Disimak!
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM – Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) gelar dialog nasional bertajuk “Muda Berpolitik 2024”, bertempat di Gedung Pemuda Kantor DPP KNPI, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, pada Senin (16/1/2023) malam. 

Dialog nasional ini menghadirkan enam narasumber yaitu Ketua Umum DPP KNPI Ilyas Indra, Ali Hanafiah (Sekjen DPP KNPI) yang juga sebagai moderator, Ali Wongso Sinaga (Ketua Umum Depinas Soksi), Devanda Aditia Putera (Ketua Harian DPP KNPI), Fauzan Fadel Muhammad (plt Ketua Partai Golkar Jakarta Selatan), Drs Ahmad Yani Pandjaitan (Ketum DPP PM Kamtibmas), Sukri Rahmatullah (Aktivis 98/Jurnalis), dan Doli Sangadji (Ketum Pemuda Persatuan PPP).

Kesimpulan dari dialog Nasional yang diselrnggarakan pada Senin, (16/1) ini intinya adalah bagaimana Generasi X dan Y mampu memberikan warna baru dalam percaturan politik Indonesia dengan konten cerdas berjudul Investor of Change.

Dan juga diharapkan para pemuda mampu bangkit secara ekonomi dengan menjadi wirausaha yang berdikari agar marwah para pemuda khususnya kaum aktivis mendapatkan stigma positif dan bukan hanya kaum penggembira belaka akan tetapi menjadi kaum pelaku perubahan tersebut. 

Senada dengan apa yang disampaikan Ketua Umum DPP KNPI Dr. Ilyas Indra dalam Konsep yang tertuang di Buku nya Investor of Change pemuda pembawa perubahan sangat layak menjadi acuan buat Pemuda untuk menjadi entrepreneur kedepannya. 

"Perlu diketahui bersama Ketua MPI kita Fahd El Fouz  A Rafiq salah satu contoh entrepreneur sukses yang bisa kita jadikan acuan," ucap Ali Hanapiah, SH. SE.M. si  (Sekjend DPP KNPI) pada Kamis, (19/1) di Serang, Banten. 

"Tapi kali ini saya akan memberikan langkah kongkretnya dan mengulas kembali bagaimana langkah langkah nya dari awal sampai akhir secara singkat," katanya.

Ketua DPD Bapera Banten ini menambahkan, kita pasti paham sifat gen Y dan X ini adalah generasi yang suka akan tantangan dan perubahan tidak ada salahnya kita dorong dua sikap itu untuk menjadi entrepreneur muda kedepannya. 

Apalagi generasi ini sudah melek dengan teknologi dan sangat akrab dengan gadget.

Berikut ini langkah-langkah jadi pengusaha sukses ala Millenial: 

1. Lakukan semuanya dengan totalitas 

Kita harus cintai apa yang kita kerjakan' lakukanlah dengan sepenuh hati jangan setengah hati, jika setengah setengah hasilnya juga setengah.

Lakukan hal entrepreneur karena passion anda. Contoh passionnya lebih condong ke menjadi pengusaha cemilan, buka gerai kecil kecilan yang bertemakan anak muda, contoh lain lagi jika anda suka akan otomotif bisa membuat usaha skotlet, variasi motor dan mobil sambil buka bengkel karena ini sangat digandrungi oleh dua generasi tersebut. 

2. Berproses dan jangan buru buru instan 

Bisnis harus kita lakukan selangkah demi selangkah jangan langsung loncat jauh, mulailah dari resiko yang paling kecil dari situ maka akan belajar mencari peluang dan melihat minta pasar. 

3. Promosi 

Percaya diri dan Yakin adalah kunci dari entrepreneur. Ada istilah malu bertanya sesat di jalan, promosikan bisnis anda lewat fb, instagram, tiktok dan google advs karena itulah yang saat ini menjadi kiblat promosi generasi digital. 

5. Berani mencoba dan Mulai dari Sekarang 

Berani mulai adalah langka awal, jika  berani mencoba dan lakukan action tujuan bisnis tadi akan tercapai. Realisasikan ide bisnis anda menjadi sesuatu yang nyata bukan hanya angan angan belaka. 

6. Berfikir Out of The Box

Berfikir kreatif adalah kunci seorang pengusaha, lihat dengan jeli peluang pasar. Tangkalplah segala peluang dengan ide ide kreatif yang tak terpikirkan orang lain sehingga mampu menjadi solusi masyarakat 

7. Punya Visi dan Misi 

Visi misi hal penting untuk langkah selanjutnya dalam bisnis anda. Lakukan dengan fleksibilitas tinggi dan sebuah inovasi yang disukai masyarakat. 

8. Fokus dan Konsisten 

Fokus dan konsisten adalah hal utama, jangan pernah merasa puas dalam satu sesi atau momentum. Sebelum mulai bisnis baru pastikan terlebih dahulu bisnis pertama stabil setelah itu baru kembangkan usaha anda. 

9. Rajin Menggali Informasi

Perlu ditekankan  disini kata jangan merasa puas. Terus belajar karena dunia bisnis itu fluktuatif. Ketinggalan informasi peluang bisa lewat begitu saja, jadi teruslah gali informasi. 

10. Target Pasar 

Ini adalah hal penting, anda harus punya target pasar untuk kebutuhan masyarakat terkini dan pasar empuk yang mudah di garap. Dan jangan lupa utamakan kualitas karena itu sangat penting.

Semoga dengan Rangkaian ulasan yang telah saya paparkan bisa menjadi modal awal anda untuk melangkah ke depan dan tetap semangat, jangan menyerah, dan terus berinovasi untuk bangsa dan negeri ini, tutup Ali Hanapiah Sekjend DPP KNPI.  (ASW)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: