Inovasi Perumda AM Kota Padang, Di Lolong, Nunggak Tagihan Air Tak Cabut Meteran

          Inovasi Perumda AM Kota Padang, Di Lolong, Nunggak Tagihan Air Tak Cabut Meteran
Inovasi Perumda AM Kota Padang, Di Lolong, Nunggak Tagihan Air Tak Cabut Meteran
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Sebanyak 50 warga Lolong, Kota Padang, yang berlangganan air minum dari Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumda AM) tak perlu lagi risau jika menunggak tagihan. Sebab, pihak Perumda AM tidak akan mencabut meteran air. 

Langkah hebat ini merupakan inovasi yang tengah diterapkan Perumda AM kepada masyarakat. Perumda AM menghadirkan "Smart Water Meter". Daerah Lolong menjadi pilot project pertama dari inovasi tersebut.

"Sebanyak 50 unit meteran sudah kita launching dan pasang di rumah pelanggan," ujar Direktur Utama Perumda AM Kota Padang, Hendra Pebrizal, Selasa (3/1/2023). 

Inovasi "Smart Water Meter" ini akan memudahkan pelayanan air kepada masyarakat. Hendra Pebrizal menambahkan, dengan teknologi ini, masyarakat yang menunggak bayar air akan diputuskan secara otomatis hanya dari kantor Perumda AM Padang. Saat pelanggan sudah membayar tunggakan air tersebut, sambungan air akan tersambung kembali secara otomatis. 

"Petugas tidak harus mendatangi rumah pelanggan untuk mencatat penggunaan air dan mencabut meteran, namun cukup dengan alat ini," ujarnya.

Penggunaan "Smart Water Meter" memilik banyak keunggulan. Seperti mampu melacak pemakaian air pelanggan secara digital dengan tingkat akurasi lebih tinggi. Pihak Perumda AM pun menargetkan sebanyak 2.000 alat tersebut terpasang di tahun 2023 ini. "Kita coba dulu sekitar 2.000 unit," sebutnya. 

Rencananya, alat ini tidak saja dipasang di kawasan Lolong. Ke depan juga dipasang di Belanti dan Purus. Diharapkannya, seluruh pelanggan di Padang sudah terpasang alat ini nantinya.

"Tentunya kita ingin memudahkan masyarakat," sebut Dirut Perumda AM yang baru saja menerima penghargaan Anugerah Informasi Publik dari Komisi Informasi Sumbar itu.

Pewarta: Charlie

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter:

Maklumat:

Wartawan BentengSumbar.com hanya yang namanya tercantum di box redaksi. Wartawan BentengSumbar.com dalam bertugas dilengkapi dengan ID.Card. Untuk pemasangan iklan, artikel promosi produk, dan lannya, Anda dapat menghubungi kami melalui e-Mail: redaksi.bentengsumbar@gmail.com