Editors' Choice

Ketua MUI Larang Politik Praktis di Masjid Jelang Pemilu 2024

BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah Cholil Nafis menyatakan pihaknya melarang aktivitas polit...

Jokowi Disebut Cak Nun Bak Firaun, Luhut Binsar Panjaitan Bak Haman

          Jokowi Disebut Cak Nun Bak Firaun, Luhut Binsar Panjaitan Bak Haman
Jokowi Disebut Cak Nun Bak Firaun, Luhut Binsar Panjaitan Bak Haman
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Penceramah sekaligus budayawan Emha Ainun Najib alias Cak Nun kini menjadi sorotan publik. 

Ceramahnya menyebut Presiden Joko Widodo atau Jokowi bak Firaun dipermasalahkan banyak pihak. 

Tidak hanya menyebut Jokowi seperti Firaun, ia pun menyebut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bak Haman.

Dalam ceramahnya, Cak Nun juga menerangkan jika seluruh sistem di pemerintahan telah diambil alih oleh Jokowi dan Luhut.

Tak sampai di situ, Cak Nun pun mengungkapkan bahwa Indonesia telah dikuasi oleh Qorun, yakni pengusaha Anthony Salim.

"Negara kita sesempurna dicekel [dipegang] oleh Firaun, Haman, dan Qorun. Itu seluruh sistemnya, seluruh perangkatnya, semua alat-alat politiknya sudah dipegang mereka semua. Dari uangnya, sistemnya, sampai otoritasnya, sampai apapun," ujar Cak Nun.

"Karena Indonesia dikuasai oleh Firaun yang namanya Jokowi. Qorun yang namanya Anthony Salim dan 10 Naga. Terus Haman yang namanya Luhut," ucap Cak Nun seperti dikutip melalui unggahan akun Twitter @GunRomli pada Senin (16/1/2023).

Pernyataan Cak Nun ini pun sontak saja menimbulkan pro dan kontra dari berbagai pihak, salah satunya oleh politikus Mohamad Guntur Romli alias Gus Romli.

Melalui akun Twitternya, @GunRomli mengungkapkan jika Cak Nun seharusnya tidak melontarkan pernyataan yang dirasa menghina Jokowi. Apalagi, sampai menyebut Jokowi sebagai Firaun.

"Jika ada kekurangan di Jokowi, tidak sampai layak dihina seperti Firaun. Jika ada kelebihan Emha Ainun Najib nggak sampai level Nabi Musa dan Sabrang seperti Nabi Harun," kata Gus Romli.

Ia menyebut jika dengan pernyataan tersebut, Cak Nun seperti sedang merendahkan dirinya sendiri. "Hanya kesombongan dan ketakaburan yang mengatakan itu. Cak Nun sedang meninggikan Jokowi dan merendahkan dirinya sendiri," sambungnya.

Cuitan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) ini pun menyita perhatian dari netizen. Netizen melontarkan beragam komentar atas cuitan ini.

"Sesuci apa dia sampai bisa menghakimi presiden yang dicintai rakyatnya dan mengangkat derajat bangsanya," imbuh netizen lain.

"Sebenarnya Emha Ainun Najib ini levelnya seperti Nabi apa sudah setara Malaikat? Sesuci apa dia?" ujar netizen.

"Saya juga nggak suka ceramah-ceramah EAN terlalu sombong, seperti dirinya bersih, suci," komentar netizen lainnya lagi.

Sumber: Suara
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: