Loyalis Jokowi Tak Rida dengan Ucapan Cak Nun: Sesuci Apa Dia Sampai Bisa Menghakimi Presiden yang Dicintai Rakyatnya?

BENTENGSUMBAR.COM - Emha Ainun Najib alias Cak Nun kini jadi sorotan publik. Ceramahnya yang menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) bak Firaun dipermasalahkan banyak pihak.

Saat memberikan ceramah di Kajian Maiyah, tak hanya menyebut Jokowi seperti Firaun, budayawan ini juga membandingkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bak Haman.

Tak sampai di situ, Cak Nun pun mengungkapkan bahwa Indonesia telah dikuasi oleh Qorun, yakni pengusaha Anthony Salim.

"Karena Indonesia dikuasai oleh Firaun yang namanya Jokowi. Qorun yang namanya Anthony Salim dan 10 Naga. Terus Haman yang namanya Luhut," ucap Cak Nun seperti dikutip melalui unggahan akun Twitter @GunRomli pada Senin (16/1/2023).

Dalam ceramahnya, Cak Nun juga menerangkan jika seluruh sistem di pemerintahan telah diambil alih oleh Jokowi dan Luhut.

"Negara kita sesempurna dicekel [dipegang] oleh Firaun, Haman, dan Qorun. Itu seluruh sistemnya, seluruh perangkatnya, semua alat-alat politiknya sudah dipegang mereka semua. Dari uangnya, sistemnya, sampai otoritasnya, sampai apapun," ujar Cak Nun.

Pernyataan Cak Nun ini pun sontak saja menimbulkan pro dan kontra dari berbagai pihak, salah satunya oleh politikus Mohamad Guntur Romli alias Gus Romli.

Melalui akun Twitternya, @GunRomli mengungkapkan jika Cak Nun seharusnya tidak melontarkan pernyataan yang dirasa menghina Jokowi. Apalagi, sampai menyebut Jokowi sebagai Firaun.

"Jika ada kekurangan di Jokowi, tidak sampai layak dihina seperti Firaun. Jika ada kelebihan Emha Ainun Najib nggak sampai level Nabi Musa dan Sabrang seperti Nabi Harun," kata Gus Romli.

Ia menyebut jika dengan pernyataan tersebut, Cak Nun seperti sedang merendahkan dirinya sendiri. 

"Hanya kesombongan dan ketakaburan yang mengatakan itu. Cak Nun sedang meninggikan Jokowi dan merendahkan dirinya sendiri," sambungnya.

Cuitan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) ini pun menyita perhatian dari netizen. Netizen melontarkan beragam komentar atas cuitan ini.

"Sebenarnya Emha Ainun Najib ini levelnya seperti Nabi apa sudah setara Malaikat? Sesuci apa dia?" ujar netizen.

"Sesuci apa dia sampai bisa menghakimi presiden yang dicintai rakyatnya dan mengangkat derajat bangsanya," imbuh netizen lain.

"Saya juga nggak suka ceramah-ceramah EAN terlalu sombong, seperti dirinya bersih, suci," komentar netizen lainnya lagi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »