Ketua DPP PDIP: Masuk Akal Usulan Megawati Maju Capres 2024

BENTENGSUMBAR.COM - Ketua DPP PDI Perjuangan Eriko Sotarduga mengatakan usulan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri kembali maju sebagai calon presiden di Pilpres 2024 sangat berpeluang.

Usulan Megawati kembali maju sebagai Capres di 2024 itu awalnya disampaikan oleh co-founder Total Politik Budi Adiputro. 

Budi lantas bertanya ke Eriko apakah usulannya itu masuk akal atau tidak.

"Menurut kami masuk akal. Sangat masuk akal, karena tidak ada yang salah," kata Eriko dalam diskusi politik yang digelar di Kopi Politik, Jakarta Selatan, Sabtu (7/1).

Eriko menjelaskan, Megawati menjadi satu-satunya tokoh di PDIP memegang hak untuk memutuskan siapa calon presiden yang diusung tahun depan.

Sehingga, Ia mengatakan nantinya Megawati memiliki dua pilihan alternatif pilihan terkait Pilpres 2024: menggunakan hak itu untuk memilih dirinya sendiri untuk maju Pilpres atau memberikan kepada kader PDIP lain.

"Ini sama seperti tahun 2014 beliau beri haknya pada Pak Jokowi," kata dia.

Meski demikian, Eriko mengaku tak bisa menjawab bagaimana keputusan Megawati soal Pilpres 2024. Sebab, keputusan itu berada di tangan Megawati.

Dia hanya menjelaskan semua pihak berhak menyampaikan pendapat sebelum Megawati menentukan Capres 2024.

Menurutnya, ini merupakan bagian dari demokrasi. Namun, semua kader PDIP harus mengikuti Megawati bila keputusan sudah dibuat.

"Tapi apakah beliau memanfaatkan kesempatan ini [maju Pilpres], itu soal lain. Saya tak bisa jawab ini," kata Eriko.

Megawati sempat menjabat sebagai Presiden ke-5 RI pada periode 2001-2004 atau satu periode. 

Artinya, Megawati masih memiliki hak untuk maju lagi sebagai calon presiden karena konstitusi RI mengatur presiden maksimal dua periode.

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »