Laksamana Kritik Penambahan Masa Jabatan Kepala Desa: Terkesan Demi Kepentingan Politik...

BENTENGSUMBAR.COM - Sebagai Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Studi Masyarakat dan Negara (Laksamana), Samuel F. Silaen menegaskan, menambah masa jabatan kepala desa bukan ukuran atau jaminan untuk memperbaiki kualitas pelayanan terhadap masyarakat desa.

Menurutnya, jabatan apapun apabila terlalu lama atau kelamaan maka akan muncul perangai (perilaku) yang berujung pada tindakan sikap sewenang-wenang terhadap orang lain (warganya). 

Tak terkecuali pada jabatan yang paling rendah misalnya perangkat desa yang sangat dekat dan lekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat bawah.

"Terkesan demi kepentingan politik sempit dan sementara dari elite- elite politik partai politik pusat, sepertinya mengiyakan desakan kepala desa. Ini terkesan mengorbankan masa depan bangsa Indonesia yang terdepan dan terdekat dalam melayani kebutuhan/ keperluan rakyat banyak diberbagai desa, "ungkapnya melalui keterangan tertulis kepada BentengSumbar.com, Ahad, 22 Januari 2023.

Dikatakannya, adanya keinginan dan desakan untuk menambah masa jabatan kepala desa akan menjadi bumerang bagi pelayanan masyarakat Indonesia dimasa yang akan datang. 

"Banyak kepala desa "hanya" baik (manut) dan penuh perhatian kepada "orang" dekat dan orang yang memberikan dukungan hingga dia terpilih, "tutur Silaen.

Silaen menambahkan, bukan semua kepala desa, ada yang baik tentunya, tapi untuk mengukur tingkat kinerja kepala desa ada baiknya dibuat Tim independen untuk menilai baik dan buruknya kualitas pelayanan kepala desa terhadap masyarakat.

Menurutnya, selama ini nyata bahwa banyak kepala desa hanya memikirkan keluarga besarnya dan Tim suksesnya. Ketika kepala desa sudah menjabat. 

"Jadi bagi yang ketahuan bukan pendukungnya atau tidak memilihnya maka silahkan dipikir oleh legislatif dan pemerintah terkait masa jabatan kepala desa yang saat ini berjalan, "sebut aktivis organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) itu.

Bukan mengada-ada, sebab beberapa desa di pelosok tanah air mengeluhkan buruknya kualitas pelayanan perangkat desa dan jajarannya, ini erat kaitannya dengan kepemimpinan dan integritas pemimpin dalam hal ini kepala desa. 

"Kalau ada kepala desa yang baik, berprestasi dan inovatif, itu dapat dihitung dengan jari tangan, "celetuk mantan fungsionaris DPP KNPI itu.

"Sekali lagi saran saya, jabatan kepala desa yang ada saat ini sudah lebih dari cukup untuk memberikan kesempatan kepada kepala desa untuk mendarmabaktikan hidupnya buat keperluan semua warganya, jabatan kepala desa yang lama tidak ada jaminan akan berbanding lurus terhadap kualitas dan kecepatan pelayanan desa kepada semua warganya tanpa diskriminasi, "ucap alumni Lemhanas pemuda 2009 itu.

Jangan karena ingin melanggengkan kekuasaan elit- elit politik pusat yang ingin menjadikan kepala desa dan perangkatnya menjadi kaki tangannya, maka yang jadi korbannya adalah rakyat di lingkungan desa dimana kepala desa berkuasa. 

"Yang lebih manut kepada elite daripada kepada warganya, "papar Silaen.

"Sungguh miris melihat banyak desa yang jauh dari harapan masyarakat kecil dan papa terabaikan pelayanan yang dibutuhkan dari perangkat desa dan lebih mendahulukan kepentingan politik keluarganya masing- masing dan pendukungnya," tandasnya. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »