SUMBAR

Sekda Andree Algamar Sambut Baik Dilaunchingnya Kopi Bantjah Poktan HKM Sikayan Balumuik

          Sekda Andree Algamar Sambut Baik Dilaunchingnya Kopi Bantjah Poktan HKM Sikayan Balumuik
Sekda Andree Algamar Sambut Baik Dilaunchingnya Kopi Bantjah Poktan HKM Sikayan Balumuik
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Andree Algamar mengaku sangat menyambut baik atas dilaunchingnya produk "Kopi Bantjah" yang dihasilkan oleh kelompok tani (Poktan) Hutan Kemasyarakatan (HKM) Sikayan Balumuik, Koto Baru, Kelurahan Limau Manis Selatan, Kecamatan Pauh.

Produk Kopi Bantjah hasil budidaya dari kopi robusta tersebut, secara resmi dilaunching Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy bersama Kepala Dinas Kehutanan Sumbar Yozawardi serta Sekda Kota Padang Andree Algamar, Direktur Keuangan dan Umum PT Semen Padang Oktoweri dan Camat Pauh Yoserizal beserta Lurah Limau Manis Selatan Noverman, Sabtu (21/1/2023) siang.

Selain itu juga hadir Anggota DPRD Kota Padang Rafdi, Ketua KAN Limau Manis Syarifuddin Dt Bungsu bersama Ketua dan para Pengurus Poktan HKM Sikayan Balumuik disertai elemen masyarakat setempat.

Seperti diketahui, produksi Kopi Bantjah merupakan hasil dari dukungan dan pembinaan yang dilakukan PT Semen Padang selama ini kepada petani kopi di kawasan setempat melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

"Alhamdulillah, atas nama Pemerintah Kota Padang kita menyambut baik kehadiran usaha Kopi Bantjah yang dihasilkan Poktan HKM Sikayan Balumuik tersebut. Kami juga mengapresiasi PT Semen Padang yang terus berbuat dan membantu warga Kota Padang melalui program TJSL-nya. Salah satunya menghadirkan usaha Kopi Bantjah ini. Semoga dapat mengangkat perekonomian warga di sini," ungkap Sekda dalam sambutannya.

Menurut Sekda Andree lagi, kehadiran usaha Kopi Bantjah oleh Poktan Sikayan Balumuik juga sejalan dengan program Pemerintah Kota Padang dalam pengembangan wisata di wilayah timur Kota Padang.

"Insya Allah kita Pemko Padang siap mendukung pengembangan usaha Kopi Bantjah ini ke depan. Semoga kawasan produksi kopi tersebut semakin maju dan berkembang yang muaranya peningkatan perekonomian bagi warga setempat," harap Sekda.

Sementara itu Wakil Gubernur Audy Joinaldy saat melaunching produk Kopi Bantjah juga menyampaikan apresiasi kepada PT Semen Padang yang telah mendukung penuh hadirnya produk Kopi Bantjah sebagai usaha baru bagi masyarakat petani kopi di daerah Bantjah.

"Kita mendukung upaya masyarakat Bancah dalam meningkatkan perekonomian dengan menanam kopi. Kami juga berterima kasih kepada PT Semen Padang yang melihatkan kepeduliannya dalam mewujudkan hal ini," kata Wagub.

Senada dengan itu Direktur Keuangan dan Umum PT Semen Padang Oktoweri menyebut PT Semen Padang melihat ada potensi besar di Sikayan Balumuik. 

Tidak hanya kopi, tapi potensi lainnya seperti pariwisata. Khusus untuk kopi katanya, pihaknya siap telah dan akan terus mendukung bagaimana petani mampu menanam kopi yang benar sampai dengan produksi dan pemasarannya.

"PT Semen Padang berkomitmen untuk memajukan masyarakat petani kopi di Sikayan Balumuik sebagai daerah yang berada di lingkungan ring satu perusahaan. Tidak hanya dalam jangka pendek, namun jangka panjang dengan banyak program tentunya."

"Semoga setelah dilaunching hari ini usaha Kopi Bantjah mulai bergerak dan berkembang, terutama sekali mendapatkan minat dari konsumen. Ini sangat bagus sekali," ucapnya. (Dv/Prokopim Pdg)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: