Menguat Sebagai Cawapres di 2024, Pengamat Sebut Erick Thohir Simbol Figur Anti Korupsi, Ini Alasannya

BENTENGSUMBAR.COM - Sosok Menteri BUMN, Erick Thohir terus menjadi pusat perhatian publik menjelang pemilu presiden 2024.

Pasalnya, figur Erick Thohir disebut-sebut menguat sebagai calon wakil presiden. 

Bahkan, beberapa partai politik, seperti PAN dan PPP mulai melirik Erick Thohir.

Pengamat politik Institute for Digital Democracy (IDD) Yogyakarta, Bambang Arianto menilai berbagai langkah taktis yang telah ditorehkan oleh Menteri Erick Thohir terhadap berbagai bentuk praktik kecurangan (fraud) menegaskan bahwa Erick Thohir merupakan simbol figur anti korupsi.

“Bila kita telusuri sejak menjadi orang nomor satu di BUMN, Menteri Erick Thohir berani membersihkan para jejaring pemburu rente di BUMN," katanya kepada Bentengsumbar.com, Selasa, 31 Januari 2023.

Bahkan, ungkap Bambang Arianto, berbagai bentuk praktik korupsi di tubuh BUMN berani dibongkar.

“Selain itu, dalam hal yang sederhana seperti saat seleksi karyawan BUMN, Menteri Erick Thohir juga bertindak tegas terhadap peserta yang melakukan kecurangan dengan menggunakan Joki,” tukuknya.

Menurutnya, langkah sederhana dan tegas tersebut semakin menegaskan bahwa figur Erick Thohir memiliki semangat untuk memberantas berbagai bentuk praktik kecurangan terutama korupsi di negeri ini. 

"Semoga aksi nyata tersebut bisa mengilhami para figur politik lainnya untuk juga konsisten dalam semangat anti korupsi,” cakapnya.

Dikatakannya, simbol anti korupsi ini sangat penting karena dapat berkontribusi bagi penguatan elektabilitas Menteri Erick Thohir melangkah menjadi sosok ideal Cawapres pada kontestasi 2024 mendatang.

"Sebab untuk melanjutkan estafet kepemimpinan nasional, publik sangat membutuhkan figur yang punya semangat anti korupsi dengan aksi nyata,” jelas Bambang Arianto. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »