Percepatan Laju Penurunan Stunting Sumbar, Wagub Audy Kumpulkan Seluruh Stakeholder

BENTENGSUMBAR.COM - Menindaklanjuti upaya percepatan penurunan stunting, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menggelar rapat koordinasi penurunan stunting yang dihadiri BKKBN, BPS, SSGI, dan TPPS, TP-PPK, serta Dinas Kesehatan dari seluruh kabupaten dan kota, Jum'at (27/1/2023).

Dipimpin Wakil Gubernur Audy Joinaldy selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting, pada rapat tersebut terungkap adanya peningkatan prevelansi stunting di Sumatera Barat.

Berdasarkan data Survey Status Gizi Indonesia (SSGI), Angka stunting Sumbar pada tahun 2021 sebesar 23,3 persen sudah berada di bawah rata-rata nasional. Namun, pada tahun 2022 mengalami kenaikan 1,9 persen menjadi 25,2 persen, sehingga saat ini berada di atas rata-rata nasional, yaitu 21,6 persen.

"Makanya di awal tahun ini, masih bulan Januari kita ajak semua stakeholder terkait berkumpul, kita cari solusi," kata Wagub Audy.

Diungkapkan Wagub, hal ini menjadi pertanyaan, lantaran dari sumber data yang sama, 13 dari 19 kabupaten dan kota yang ada di Sumatera Barat tercatat berhasil menurunkan angka stunting. 

Prevelansi stunting di Kota Sawahlunto bahkan telah menyentuh angka 13,7 persen dan mencapai target prevelansi stunting nasional di angka 14 persen.

Ditambah lagi Kabupaten Pasaman Barat yang sebelumnya mendapat penghargaan dan sempat menjadi percontohan nasional sebagai kabupaten paling progressive dalam program penurunan stunting, juga mengalami kenaikan angka prevelansi stunting sebesar 11,5 persen.

Meski demikian, terlepas dari itu Wagub menyampaikan upaya intervensi wajib pemerintah daerah dalam penurunan stunting.

Diantaranya pemberian pil penambah darah terkhusus pada ibu hamil dan peningkatan konsumsi protein hewani pada anak di seluruh Sumatera Barat.

"Ini PR besar kita bersama-sama pada tahun ini mumpung masih di awal tahun. Kita perkuat koordinasi dan komunikasi, terutama dengan dokter, bidan, puskesmas yang akan menjadi tumpuan kekuatan kita di Kabupaten dan kota," tegas Wagub. (Diskominfotik Prov Sumbar)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »