Rajin Keliling Indonesia, Elektabilitas Anies Malah Makin Suram dan Kalah dari Ganjar, Ada Apa?

BENTENGSUMBAR.COM - Indikator Politik Indonesia barus saja merilisi survei terkait elektabilitas bakal calon presiden pada Pemilu 2024 nanti. 

Berdasarkan simulasi terhadap bakal calon presiden lainnya, elektabilitas Gubernur Jawa Tengah berada di posisi puncak dengan 31,5%.

Yang kedua ada nama mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan dengan 24,4%. Sementara Ketum Gerindra Prabowo Subianto 21,4%.

“Ganjar dan Prabowo cenderung mengalami peningkatan dukungan, sementara Anies dan nama lainnya cenderung stagnan atau melemah, di berbagai simulasi pilihan,” menurut keterangan pers yang diterima Redaksi Fajar.co.id.

Selanjutnya, elektabilitas Ganjar dan Prabowo terus mengalami peningkatan ketimbang hasil survei pada November 2022. 

Sedangkan elektabiltas Anies jusstru pengalami penurunan, padahal Anies sering kali melakukan safari politik ke barbagai daerah pada 2022 lalu.

Banyak faktor yang mempengaruhi elektabilitas Ganjar dan Prabowo terus meningkat, salah satunya adalah hasil survei terhadap kinerja Presiden Jokowi dinilai sangat memuaskan.

“Kepuasan atas kinerja Presiden yang meningkat cenderung memberi insentif terhadap dukungan Ganjar, Anies cenderung terhambat.

Dan sebaliknya, jika kepuasan menurun maka Ganjar kemungkinan akan terhambat, dan Anies yang lebih potensial menguat,” tulisnya.

Indikator Politik Indonesia melakukan survei pada 1 sampai 6 Desember 2022, dengan jumlah responden sebanyak 1.220 orang.

Populasi survei adalah warga negara Indonesia yang tersebar di 334 provinsi yang telah memiliki hak pilih.

Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan toleransi kesalahan atau margin of error sebesar persen pada tingkat kepercayaan 95%.

Sumber: Fajar.co.id

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »