Sekda Andree Algamar Terima Kunjungan Direktur PPKP IPDN, Bahas Studi Kepamongprajaan Camat

BENTENGSUMBAR.COM - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Andree Algamar menerima kunjungan dari Direktur Program Pendidikan Profesi Kepamongprajaan (PPKP) IPDN Dr. Sampara Lukman, Selasa (31/1/2023) siang.

Kehadiran Dr. Sampara Lukman bersama rombongan pun disambut hangat oleh Sekda Kota Padang bersama sejumlah pimpinan OPD terkait di Ruang Kerja Sekda.

Dalam kesempatan itu Sekda Kota Padang terlebih dahulu mengaku sangat menyambut baik atas kunjungan Direktur PPKP IPDN dan rombongan ke Pemko Padang kali ini.

"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Padang, kita sangat menyambut baik kunjungan dari beliau bersama rombongan kali ini. Sebagaimana dalam kesempatan ini, selain bersilaturrahim beliau juga memaparkan tentang pembukaan pelaksanaan pendidikan Program Studi Profesi Kepamongprajaan IPDN. Bagi para Camat kita yang non kepamongan diharapkan dapat mengikuti program pendidikan tersebut. Begitu pula bagi calon Camat jika ada," ungkap Sekda saat mewakili Wali Kota Padang di kesempatan itu.

Sementara itu Direktur PPKP IPDN Dr. Sampara Lukman menyebutkan, pelaksanaan pendidikan Program Studi Profesi Kepamongprajaan IPDN bagi Camat Ini merujuk pada Undang-undang (UU) No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan PP No.17 Tahun 2018 tentang Kecamatan.

"Mengacu UU dan PP ini kita setiap tahun menyelenggarakan pendidikan bagi PNS yang akan diproyeksikan menjadi Camat ke depan. Begitu pula bagi yang saat ini menjabat Camat di luar non kepamongprajaan," sebutnya.

"Para peserta setelah mendaftar akan mengikuti perkuliahan di Kampus IPDN Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat. Mereka akan menyelesaikan kurikulum teori dan praktek sebanyak 26 SKS lebih kurang selama empat bulan dimulai dari Februari hingga Mei," sambungnya.

Ia menambahkan, pendidikan program profesi kepamongprajaan ini sejatinya merupakan keinginan Kemendagri yang meminta setiap Camat sebagai pejabat harus mempunyai ilmu kepamongprajaan, agar dalam melaksanakan tugas lebih profesional.

"Dengan adanya peningkatan kompetensi di bidang kepamongprajaan tersebut, diharapkan akan membantu Camat dalam membangun kepemimpinan yang berkarakter pamong. Karakter ini sangat diperlukan masyarakat dalam mewujudkan 'good local governance'," bebernya.

Lebih lanjut dijelaskan Direktur PPKP IPDN, pada masa e-government saat ini kecamatan menjadi garda terdepan yang menentukan berhasil tidaknya roda pemerintahan yang baik. Sehingga optimalisasi SDM kecamatan menjadi keniscayaan dalam memberikan pelayanan yang baik. 

"Camat sebagai pemimpin tidak hanya pandai saja, tetapi juga harus bisa berkomunikasi dan memiliki sifat fleksibel dengan berbagai kewenangan yang diberikan oleh kepala daerahnya. Begitu pula harus dekat dengan masyarakatnya dan tahu kondisi wilayahnya. Ketika itu mampu dilaksanakan dengan baik oleh Camat, dijamin wilayah yang ia pimpin akan maju dan berkembang,” pungkasnya. 

#Prokompimsetdakopadang

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »