Editors' Choice

Ketua MUI Larang Politik Praktis di Masjid Jelang Pemilu 2024

BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah Cholil Nafis menyatakan pihaknya melarang aktivitas polit...

Suara Lantang Puan Maharani: Tak Ada Istilah Bintang Bersinar Sendiri di PDIP

          Suara Lantang Puan Maharani: Tak Ada Istilah Bintang Bersinar Sendiri di PDIP
Suara Lantang Puan Maharani: Tak Ada Istilah Bintang Bersinar Sendiri di PDIP
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani menegaskan partainya tidak mengenal istilah bintang bersinar sendiri. Dia menyebut PDIP selalu mengedepankan semangat gotong royong.

Pernyataan Puan dilontarkan kala menyampaikan pidato dalam acara Bimbingan Teknis Anggota DPRD PDIP di Jakarta Barat. 

Ia mengajak seluruh kader PDIP untuk solid dan selalu mengikuti instruksi Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

“Di PDIP, tidak ada istilah bintang bersinar sendiri. Yang ada adalah Pancasila sebagai bintang penuntun kita dan inti Pancasila adalah gotong royong,” kata Puan dalam pidatonya, Senin, 9 Januari 2023.

Puan menjelaskan, pernyataan tersebut dimaksudkan agar para kader ingat bahwa PDIP adalah partai gotong royong.

Oleh sebab itu, satu keberhasilan dari kader PDIP adalah keberhasilan keluarga besar partai.

“Itu salah satu kunci yang harus selalu dipegang oleh kader PDIP dalam menjalankan tugas-tugas di lapangan,” kata dia.

Puan turut mengajak seluruh kader untuk turun ke bawah menjalankan tugas-tugas kepartaian demi mencapai kemenangan ketiga kalinya dalam Pemilihan Umum atau Pemilu 2024. 

Menurut dia, hal itu lebih penting daripada sibuk memikirkan soal pencapresan PDIP.

Pasalnya, kata dia, Megawati sudah mengantongi nama capres yang akan dijagokan pada Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024. 

Dia mengatakan bekas Presiden RI kelima tersebut tinggal mengumumkan.

“Ibu Ketua Umum sudah punya nama di kantongnya, tinggal diumumin. Jadi ngga usah nengok kiri kanan. Ngga usah bingung harus si ini harus si itu,” ujarnya.

PDIP Umumkan Capres 2023

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto mengatakan Megawati sudah menyampaikan kepadanya bahwa pengumuman capres 2024 akan disampaikan pada tahun ini. 

Dia menyebut partainya sedang dalam tahap finalisasi visi misi.

“Ibu Mega telah memutuskan bahwa rencana mengumumkan capres pada 2023. Jadi itu bocoran yang saya sampaikan,bahwa bocoran akan diumumkan pada 2023,” kata Hasto usai acara Refleksi Akhir Tahun 2022 DPP PDIP, Jumat, 30 Desember 2022.

Adapun sosok capres ini disebut Hasto mesti mampu melanjutkan nafas kepemimpinan Soekarno, Megawati, dan Joko Widodo alias Jokowi. 

Capres PDIP, kata dia, juga sudah dipersiapkan secara matang untuk menjadi seorang pemimpin yang dapat memikul tanggung jawab demi keberlanjutan masa depan bangsa.

Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua DPR Puan Maharani disebut-sebut menjadi kandidat kuat capres PDIP.

Dalam sejumlah survei, elektabiliitas Ganjar konsisten di peringkat pertama, sementara elektabilitas Puan belum menunjukkan kenaikan yang signifikan.

Kendati PDIP sudah punya tiket untuk mengusung capresnya sendiri, partai berlambang banteng moncong putih ini memilih bekerja sama dengan partai lain. 

Hasto menjelaskan, kerja sama sudah menjadi bagian dari nafas ideologi partai, yakni semangat gotong royong.

“Ketika Ibu Mega menjadi Presiden pada 2004, dibangun kerja sama yang solid, bahkan kabinet Bu Mega dikatakan the great team. Kemudian pemerintahan Pak Jokowi kita juga membangun kerja sama yang solid dengan partai-partai,” kata Hasto.

Sumber: Tempo.co
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: