Sumbar I Jadi Dapil Neraka Inilah Caleg Bikin Gak Nyenyak Caleg Incumbent DPR RI

BENTENGSUMBAR.COM - Jika pemilu tetap 14 Februari 2022, maka diprediksi inilah Caleg DPR RI  Daerah Pemilahan Sumbar I yang bisa buat gak nyaman bobok Caleg Incumbent. 

"Dapil Sumbar I ini, lambat panas, tapi memasuki awal 2023 ini, diperkirakan Sumbar I berubah jadi Dapil Neraka," ujar banyal analisis politik Senin 2/1-2022 

Bahkan diperkirakan delapan kursi diperebutkan  akan banyak muka baru menjadi legislator republik di Dapil Sumbar I. 

"Dari penelusuran Tim Media sejak pertengahan Desember 2022, ekstremnya hanya menyisakan tiga atau empat Caleg Incumbent terpilih kembali, sisanya muka baru, tapi ketokohan mereka luar biasa," ujar Koordinator Tim Media Sumbar Almudazir. 

Muka baru yang buat Caleg Incumbent DPR RI resah itu, M Shadiq Pasadique, Mantan Bupati Tanah Datar 2 periode ini, infoknya maju lewat Partai NasDem. 

"Bang Shadiq ini ketokohannya kompleksitas, aktifis kepemudaan, pamong senior dan termasuk kepala daerah yang sukses jadikan Tanah Datar tinggal landas dari kabupaten biasa saja menjadi maju di era  Shadiq memimpin, Pak Shadiq itu peletak kemajuan Tanah Datar," ujar owner mimbarsumbar. id ini. 

Selain itu dari penelusuran di berbagai nagari di Tanah Datar, sukses Shadiq masih terpatri di hati warga Tanah Datar. 

"Beliau pemimpin yang selalu meninggalkan bekas baik di hati warga. Programnya membantu anak-anak kurang mampu berkuliah itu terasa hingga kini. Pak Shadiq selalu menelepon mahasiswa yang dapat bantuan dari Pemkab Tanah Datar dulunya, " ujar Herman yang kini sudah menamatkan kuliahnya di UNAND.

Selain Shadiq ada Caleg lain yang siap membuat Caleg Incumbent gagal duduk di kursi DPR RI, seperti Zigo Rolanda, Alirman Sori dari Partai Golkar. Rahmat Saleh dari PKS. Irjen Pol (Purn) Fakhrizal, Albert Hendra Lukman dari PDI Perjuangan dan Nofi Candra dari Partai Gerindra.

"Menarik Zigo dan Alirman Sori, Ketua DPRD Solok Selatan dan Anggota DPD RI, ini pertarungan soliditas kabupaten asal masing-masing, kalau berkolaborasi bisa-bisa Partai Golkar dapat dua kursi di DPR RI, itu artinya mengembalikan kejayaan Partai Golkar di Dapil ini," ujar Almudazir. 

Sementara Irjen Pol (Purn) Fakhrizal yang mantan Kapolda Sumbar juga Mantan Cagub Sumbar 2020 bisa saja memberikan satu kursi DPR RI ke PDI Perjuangan. 

"Ingat ada Albert Hendra Lukman yang soal pemilihan sudah sarat pengalaman, modal pengalaman Albert untuk merebut kursi DPR RI," ujar Almudazir. 

Lalu Rahmad Saleh, Anggota  DPRD Sumbar dari PKS juga sudha menebar baliho DPR RI 2024. 

Rahmad Saleh bisa saja membuat Caleg Incumbent PKS Hermanto gigit jari kalau Hermanto maju kembali ke DPR RI. 

Nofi Candra juga punya khns nemperkuat dan manambah pundi suara Partai Gerindra, Tokig Kabupaten Solok ini mmasih memiliki loyalis kuat.

"Nofi Candra bisa saja menggeser Pak Suir Syam, kalau Andre Rosiade sulit, karena peneluauran kami Andre elektabilitas nya tertinghmgi dari 8 anggita DPR RI dari Dapil Sumbar I," ujar Almudazir. 

Nah 2023 menjadi ajang bagi para calon DPR RI untuk berbaur dan  beinteraksi dengan pemilih, silahkantebar gagasan dan ikat silatrahmi dengan pemilih. 

Pewarta: Novrianto Ucoxs

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »