Editors' Choice

Satpol PP Kota Padang Gerebek Panti Pijat di Tunggul Hitam, Amankan 1 Orang Wanita

BENTENGSUMBAR.COM - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Padang, menggrebek panti pijat plus-plus berkedok salon di kawasan T...

Tutup 2022, JBB Amal Salih Salurkan Zakat Rp 33,5 Juta pada 122 Mustahik

          Tutup 2022, JBB Amal Salih Salurkan Zakat Rp 33,5 Juta pada 122 Mustahik
Tutup 2022, JBB Amal Salih Salurkan Zakat Rp 33,5 Juta pada 122 Mustahik
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Kegiatan rutin Jumat Berkah Berbagi (JBB) Amal Salih tampil dengan suasana lain di penghujung 2022.

JBB Amal Salih berlangsung pada Jumat (30/12/2022) di Dapur Al Salih, Sekretariat Yayasan Berkah Amal Salih (BAS), Jl. Raya Banuaran Indah Blok AA/02 RT 02 RW 09 Kelurahan Banuaran Nan XX, Kec. Lubuk Begalung, Kota Padang Sumatera Barat (Sumbar)

Selain dihadiri Anggota DPRD Kota Padang, Surya Jufri Bitel, juga hadir Anggota Reskrim Polsek Lubeg, Polresta Padang Aipda Dian Wihendro Ratno dan Anggota Komando Rayon Militer (Koramil) 04/Lubeg, Serma Erius 
Suasana semakin meriah dengan kehadiran Penasehat JBB Amal Salih yang juga Ketua RW 10 Kel. Banuaran, Junaidi.

Termasuk Ketua Yayasan BAS yang juga Wakil Ketua TP PKK Banuaran, Zetri Murni dan Bendahara RT 01 RW 13 yang juga Koordinator Siaga Bencana Yayasan BAS, Cica Susanti.

Juga hadir Ketua RT 04 RW 05 yang juga Koordinator Pengembangan Minat dan Bakat Generasi Muda Yayasan BAS, Suwarni (Mbak Anik), Koordinator Kelompok Pengajian Yayasan BAS, Lilis Jusmanidar, Koordinator Pengembangan Ekonomi Umat, Ermasniarti dan Koordinator Tim Kreatif, Mutmainah (Mbak Inah).

Juga hadir, Ketua RT 02 RW 09 Masgul, Ketua RT 01 RW 04 Maideni, Sekretaris RT 03 RW 04 Rika Mutia  dan Bendahara RT 01 RW 12, Salmiati. 

Termasuk, Guru Tahfizh Amal Salih dan tim kreator JBB Amal Salih.

Koordinator JBB Amal Salih, Herwaty Taher menyampaikan terimakasih pada semua pihak yang telah mendukung kegiatan sosial sampai ke penghujung 2022 ini. 

Herwaty Taher yang juga Ketua RT 01 RW 10 ini berharap dukungan akan terus berlanjut secara terus menerus.

Dia sampaikan, JBB Amal Salih kali ini dengan agenda penyaluran zakat Rifda Muthia binti Amril sebanyak Rp 33,5 juta. Yang disalurkan pada 122 orang Mustahik.

"Mudah-mudahan ini berkah bagi penerima dan mampu membersihkan harta dan ladang amal bagi Muzakki," ujar Herwaty Taher.

Sementara, Anggota DPRD Padang dari Fraksi Demokrat Surya Jufri Bitel sangat mengapresiasi kegiatan yang dijalankan Yayasan BAS.

Sebagai wujud apresiasi, dia meminta stafnya untuk memasukkan Yayasan BAS sebagai salah penerima Pokir 2023.

"Ini hal yang luar biasa. Untuk menunjang program Yayasan BAS ke depan, kita anggarkan Rp 75 dari Pokir saya pada Perubahan APBD 2023," ujarnya yang disambut tepuk tangan meriah dari para hadirin.

Hal sama juga disampaikan Aipda Dian Wihendro Ratno dan Serma Erius. Mereka berjanji akan selalu mendukung kegiatan Yayasan BAS. 

Bahkan, hal tersebut mereka sampaikan secara langsung pada semua yang hadir.

Sementara Pembina Yayasan BAS, Saribulih mengungkapkan berbagai program telah dijalan oleh Yayasan Berkah Amal Salih. Diantaranya, Tahfizh Al Qur’an, saat dengan jumlah 43 santri.

“Khusus untuk anak yatim tidak dipungut biaya. Saat ini jumlah anak yatim yang ikut Tahfizh sebanyak 15 orang. Bahkan diantara mereka sudah ada yang hafal 2 juz,” ujarnya.

Juga ada pengembangan ekonomi kreatif. Program ini bekerjasama dengan TP PKK Kelurahan Banuaran.

“Kegiatan yang telah berjalan, pelatihan merangkai bunga dari stocking dan memanfaat kertas gulungan plastik dan kok bulutangkis. Juga ada pelatihan pembuatan makan ringan serta menghias kue pengantin. Beberapa produk bunga sudah dipasarkan, baik secara online maupun offline” ujarnya.

Juga ada kegiatan pengembangan bakat generasi muda. Yakni, latihan tari tradisional dan kursus bahasa Inggris gratis.

“Ini juga sudah jalan. Kita bersyukur, semua pelatih dan instruktur bekerja secara sukarela,” ujar Saribulih yang juga praktisi pendidikan.

Saribulih mengaku juga telah melaksanakan program pelatihan pertolongan pertama gawat darurat bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Sumatera Barat dan praktisi Siaga bencana.

“Dari pelatihan ini kita juga telah bentuk Kader Siaga Bencana. Saat ini berjumlah 60 kader yang sebagian besar para generasi muda,” ujar Saribulih yang juga Ketua RT 04 RW 11 Kelurahan Banuaran ini.

Terakhir, Jumat Berkah Berbagi (JBB) Amal Salih dalam bentuk santunan anak yatim  juga telah setiap pekan. Ini ujarnya, juga sudah berlangsung hampir 4 tahun.

“JBB ini, ada yang reguler setiap hari Jumat. Juga ada JBB Pendidikan Peduli setiap semester dengan menyantuni pelajar dari anak yatim dan dhuafa. Pada semester 1 tahun pelajaran 2022/2023 ini disalurkan dana Rp24 juta untuk 60 penerima,” ujarnya.

Selain itu ujarnya, juga ada pemberian perlengkapan sekolah. Bahkan, ini sudah berjalan dua kali di semester ini. Termasuk penyaluran zakat para Muzakki.

“Santunan dan penyaluran zakat  juga telah kita berikan menjelang Idul Fitri. Semua berjalan tak terlepas dari kepercayaan donatur pada kami,” ujar Saribulih.

Terkait berbagai program yang berjalan, Penasehat JBB Amal Salih, Junaidi merasa bersyukur. Apalagi ujarnya, juga akan dilaksanakan pelatihan menjahit untuk ibu rumah tangga (IRT).

Untuk para generasi muda penerima santunan rutin JBB Amal Salih juga diwajibkan salah satu dari 3 program yang ditawarkan. Yakni, Barazanji, Pengembangan Syariat dan Pantun Pasambahan. 

Pewarta: Novrianto Ucoxs
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: