Usai Viral Video Diduga Hakim Sidang Ferdy Sambo, Mahkamah Agung akan Periksa Wahyu Iman Santoso

          Usai Viral Video Diduga Hakim Sidang Ferdy Sambo, Mahkamah Agung akan Periksa Wahyu Iman Santoso
Usai Viral Video Diduga Hakim Sidang Ferdy Sambo, Mahkamah Agung akan Periksa Wahyu Iman Santoso
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Juru Bicara (Jubir) Mahkamah Agung, Andi Samsan, mengatakan bahwa pihaknya akan memeriksa Hakim Ketua dalam sidang Ferdy Sambo terkait pembunuhan Nofriansyah Yosua alias Brigadir J, Wahyu Iman Santoso.

Pasalnya, beredar sebuah video yang kemudian viral di media sosial dengan narasi bahwa laki-laki di dalam potongan rekaman itu sebagai Wahyu.

"Setelah mengecek dari berita media sosial yang beredar, maka MA menyikapi akan menurunkan tim untuk memeriksa hakim yang bersangkutan," ujar Andi, Kamis (5/1/2023) dilansir dari Kompas.com.

Akan tetapi, ia menyebut MA akan tetap menjaga independensi hakim dalam menangani perkara.

"MA tentu tetap menjaga independensi hakim dalam penanganan perkara menarik yang sedang ditangani hakim tersebut," kata Andi.

Sebagaimana telah diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, Jubir Komisi Yudisial (KY) Miko Ginting mengatakan pihaknya akan memeriksa dan mendalami kebenaran video maupun konten yang beredar tersebut terlebih dahulu. 

Hasil pemeriksaan dan pendalaman itu nantinya baru akan menjadi pertimbangan terkati perlu atau tidaknya Komisi Yudisial mengklarifikasi langsung kepada Hakim Wahyu.

"Sampai saat ini, KY masih telaah secara internal," ujar Miko kepada wartawan, Kamis (5/1/2023).

Miko menambahkan, nantinya Komisi Yudisial bisa menindaklanjutinya sesuai fungsinya dalam pengawasan hakim. 


Yakni, dugaan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku hakim atau advokasi hakim dari upaya merendahkan kehormatan hakim. 

"Kita lihat bagaimana hasil penelusurannya nanti. Apabila ada masyarakat yang ingin memberikan informasi, bisa ke Komisi Yudisial," ujar Miko.


Di dalam video yang beredar luas itu, orang yang diduga Wahyu duduk di sofa sambil menerima telepon dan menceritakan soal kasus Ferdy Sambo. Orang itu mengenakan baju batik, celana abu-abu, dan sepatu hitam. 

Setelah itu, terlihat laki-laki itu melanjutkan diskusi dengan seorang wanita di depannya. Namun, belum diketahui siapa sosok wanita itu. 


"Bukan, masalahnya dia enggak masuk akal banget dia nembak pakai pistol Josua. Tapi enggak apa-apa, sah-sah saja. Saya enggak akan pressure dia harus ngaku, saya enggak butuh pengakuan," ujar laki-laki yang diduga hakim sidang Sambo itu. 

"Saya enggak butuh pengakuan. Kita bisa menilai sendiri. Silakan saja, saya bilang, mau buat kayak begitu. Kemarin tuh sebenarnya mulut saya sudah gatel, tapi saya diemin saja," kata laki-laki itu.


Sumber : KompasTV
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter:

Maklumat:

Wartawan BentengSumbar.com hanya yang namanya tercantum di box redaksi. Wartawan BentengSumbar.com dalam bertugas dilengkapi dengan ID.Card. Untuk pemasangan iklan, artikel promosi produk, dan lannya, Anda dapat menghubungi kami melalui e-Mail: redaksi.bentengsumbar@gmail.com