Kelompok Dasawisma Anggrek I Limau Manis Selatan Ikuti Penilaian Kelompok Dasawisma Berprestasi Tingkat Provinsi 2023

BENTENGSUMBAR.COM - Setelah berhasil masuk nominasi 5 (lima) besar pada ajang Penilaian Kelompok Dasawisma Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2023, mewakili Kota Padang, Kelompok Dasawisma Anggrek I resmi dinilai, Selasa (14/2/2023).

Kelompok Dasawisma yang berada di wilayah Komplek Pondok Permai RT 01 RW 03, Kelurahan Limau Manis Selatan, Kecamatan Pauh itu pun dikunjungi rombongan Tim Penilai Provinsi yang dipimpin langsung Ketua TP-PKK Provinsi Sumbar Ny. Harneli Mahyeldi.

Kehadiran rombongan Tim Penilai tersebut disambut antusias Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Genny Putrinda Hendri Septa beserta jajaran pengurus serta Ketua dan Pengurus Kelompok Dasawisma Anggrek I.

Juga hadir dikesempatan itu Wali Kota Padang yang diwakili Kepala DP3AP2KB Eri Sendjaya, Camat Pauh Yoserizal beserta Ketua TP-PKK Kecamatan Pauh, Lurah Limau Manis Selatan Noverman bersama Ketua dan Pengurus TP-PKK Kelurahan dan elemen masyarakat setempat.

Ketua Tim Penilai Kelompok Dasawisma Berprestasi Tingkat Sumbar Ny. Harneli Mahyeldi menyampaikan, kehadiran ia beserta Tim Penilai kali ini untuk melakukan verifikasi atau penilaian lapangan guna melihat dan mendapatkan informasi secara langsung tentang program kegiatan yang telah dilaksanakan TP-PKK khususnya Kelompok Dasawisma Anggrek I yang berhasil masuk nominasi.

"Kunjungan lapangan ini adalah untuk menentukan Terbaik I, II dan III serta Harapan I dan II untuk kategori tingkat kota di Sumbar. Bagi kelompok dasawisma yang meraih Terbaik I, ketua kelompok dasawismanya akan dinobatkan menjadi Duta Dasawisma Tingkat Sumbar Tahun 2023," terangnya.

Istri Gubernur Sumbar itu juga menjelaskan, ajang penilaian kelompok dasawisma ini sejatinya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kelompok dasawisma dalam administrasi dan 10 program pokok PKK.

"Dasawisma memiliki fungsi membantu pemerintah dari berbagai aspek sebagai elemen terpenting dalam pemberdayaan masyarakat dengan menumbuhkembangkan sifat gotong royong, kebersihan, peningkatan ekonomi dan berbagai aspek penting lainnya."

"Semoga melalui penilaian ini seluruh kelompok dasawisma di Sumbar akan saling berpacu untuk melakukan program kerja dengan baik dan hal positif lainnya bagi masyarakat," pungkas Ketua TP-PKK Sumbar yang akrab disapa Ummi itu.

Sementara itu Wali Kota Padang diwakili Kepala DP3AP2KB Eri Sendjaya menyampaikan selamat datang kepada Tim Penilai yang melakukan verifikasi lapangan terhadap Kelompok Dasawisma Anggrek I Kelurahan Limau Manis Selatan dalam ajang Penilaian Kelompok Dasawisma Berprestasi Tingkat Sumbar tahun 2023.

"Kami sangat berharap apa yang telah dilakukan dan dihasilkan oleh Kelompok Dasawisma Anggrek I ini mampu menarik simpati dari Tim Penilai. Sehingga Kota Padang mampu menjadi Terbaik I dalam lomba ini. Penilaian ini sangat penting namun yang lebih penting lagi adalah bagaimana melalui keberadaan kelompok dasawisma dapat menjadi garda terdepan dalam menggerakkan semua kegiatan yang berhubungan langsung dengan kebutuhan dan kemajuan masyarakat," ujarnya.

Senada dengan itu Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Genny Putrinda Hendri Septa menyampaikan bahwa jumlah kelompok dasawisma di Kota Padang dari tahun ke tahun terus meningkat.

Sebagaimana tercatat pada 2021 berjumlah 10.799 kelompok dan pada 2022 bertambah menjadi 10.815 kelompok.

"Kita TP-PKK Kota Padang bersama Pemko Padang berkomitmen terus meningkatkan kapasitas kelompok dasawisma melalui Bulan Bakti Dasawisma dan berbagai kegiatan lainnya. Diantaranya seperti melakukan pembinaan, bimbingan teknis, penilaian secara berjenjang dan termasuk memberikan stimulan dana," ungkapnya.

Terkait penilaian kelompok dasawisma berprestasi tingkat provinsi tahun 2023 yang diikuti kali ini, Ny. Genny tak lupa memberikan apresiasi kepada Kelompok Dasawisma Anggrek I yang begitu serius dan siap mengikuti penilaian.

"Alhamdulillah, di samping terus berkiprah dalam mengimplementasikan kegiatan 10 pokok program PKK, Kelompok Dasawisma Anggrek I juga mampu melakukan berbagai upaya seperti pengoptimalan pemanfaatan pekarangan dengan bercocok tanam. Begitu juga melihatkan kepedulian sosial yang sangat tinggi dengan membantu sesama seperti dengan program Seribu Sehari, celengan untuk anak yatim piatu dan duafa. 

"Selain itu juga mendukung penurunan angka stunting dengan menggalang dana CsR PT Semen Padang yang dipergunakan untuk PMT Posyandu," papar istri Wali Kota Padang bersemangat. (Dv/Prokopim Pdg)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »