Kesal Menteri Jokowi ke AS & Eropa Cs: Jangan Ajari Kami!

Kesal Menteri Jokowi ke AS & Eropa Cs: Jangan Ajari Kami!

BENTENGSUMBAR.COM - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia meminta negara maju seperti Amerika Serikat, Uni Eropa dan teman-temannya tidak banyak komentar soal energi hijau. Apalagi sampai mengajari Indonesia.

"Kalian yang negara hutannya sudah habis jangan mengajari kami mengatur lingkungan di Indonesia," ujarnya dalam Mandiri Investment Forum 2023 di Hotel Fairmont, Jakarta, Kamis (2/2/2023).

Menurut Bahlil, pemanasan global yang terjadi sekarang ini tidak lepas dari ulah negara maju, di mana dulu gencar industrialisasi dan mengabaikan lingkungan, termasuk hutan. 

Kini negara berkembang seperti Indonesia tengah berupaya tumbuh lebih baik bahkan dengan mendorong ekonomi hijau.

"Ini terjadi satu anomali berpikir. Semua memaksa semua negara mendorong energi baru terbarukan. Investasi yang masuk ke negara berkembang 1/5 dari investasi energi hijau. Dimana keadilan itu terjadi," terangnya.

Indonesia berkomitmen untuk menjalankan ekonomi hijau. salah satunya melalui hilirisasi. 

"Kami lebih tahu itu. Dan saya sudah berkomitmen bagaimana menjaga lingkungan. Maka kami melaksanakan hilirisasi," tegasnya. 

"Misalnya, agar tidak jadi ilegal mining, tapi apa yang terjadi? Uni Eropa bawa kami ke WTO, nikel dipermasalahkan. Saya rasa ini tidak masuk akal," cakapnya.

"Kita dalam negara G20 tidak boleh ada yang merasa lebih hebat dari negara lain. Karena kita harus setara, duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi untuk membangun dunia lebih baik," ujarnya.

"Saya yakinkan teman-teman untuk datang berinvestasi di Indonesia," pungkasnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »