Sebut JK-Anies Seperti Mertua dan Menantu, Refly Harun Singgung Soal Pasukan Khusus di Pilpres 2024

BENTENGSUMBAR.COM - Pakar hukum tata negara Refly Harun membeberkan hubungan dekat mantan wakil presiden Jusuf Kalla (JK) dengan bakal calon presiden dari koalisi perubahan Anies Baswedan.

Hal ini terkait dengan JK yang dianggap sedang menyiapkan pasukan khusus untuk pemenangan Anies Baswedan di Pilpres 2024, ini tentu tidak mengherankan mengingat hubungan keduanya.

Hubungan dekat JK dan Anies Baswedan sudah seperti mertua dan menantu, meskipun ini hanya sekadar kiasan untuk memperagakan kedekatan yang terjalin antara keduanya.

"Memang seorang Anies Baswedan itu sangat dekat dengan JK, ini sudah menjadi rahasia umum, dan bisa dibilang hubungannya adalah dengan katakanlah menantu, bukan menantunya," ucap Refly Harun.

"Jadi Aksa Mahmud itu adalah kalau tidak salah dia ipar JK atau apa hubungannya, dan kita tahu Aksa Mahmud punya anak namanya Erwin Aksa, jadi itu barangkali akan juga berpengaruh," sambungnya dikutip dari YouTube Refly Harun, Selasa (7/2).

Kemudian Refly Harun menilai bahwa hubungan antara JK dengan mantan Gubernur DKI Jakarta itu mempunyai chemistry, bisa dibandingkan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Dan kita tahu bahwa hubungan yang dengan JK ini ya chemistrynya dapatlah, saya pernah punya pengalaman misalnya dibandingkan ke Prabowo, Anies justru jauh lebih dekat dengan JK yang bisa ngomong sama JK," ujarnya.

Meskipun pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta tahun 2017 Prabowo dan PKS membuat Anies bisa menang, namun dibaliknya ada JK yang berperan sebagai king maker.

"Event kalau kendatipun Prabowo yang katakanlah mendukung Anies secara formal dalam pilkada DKI 2016-2017, karena Prabowo dan PKS yang kemudian membuat Anies bisa terpilih sebagai gubernur DKI," ungkapnya.

"Tapi jangan lupa king maker-nya adalah JK (Jusuf Kalla) dan Jusuf Kalla juga ikut, ada mungkin juga Aksa Mahmud, ada juga Erwin Aksa dan lain sebagainya," tandas Refly Harun. 

Sumber: Fajar.co.id

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »