TNI AL Gelar Pertemuan Internasional NIOHC-22 Di Yogyakarta

BENTENGSUMBAR.COM - TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) menggelar pertemuan International North Indian Ocean Hydrographic Commission (NIOHC) ke-22 bertempat di Hotel Royal Ambarrukmo, Yogyakarta.

NIOHC atau Komisi Hidrografi Samudra Hindia Utara merupakan bagian dari International Hydrographic Organization (IHO). IHO merupakan Organisasi Hidrografi Internasional terbentuk yang sejak 1921

Pertemuan NIOHC ke-22 di Yogyakarta ini diselenggarakan secara hybrid selama tiga hari, 13 sampai 15 Februari 2023 dan dibuka oleh Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Nurhidayat selaku Chair NIOHC.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh negara-negara  anggota NIOHC di antaranya Bangladesh, India, Oman, Australia, Pakistan, Saudi Arabia, Thailand, Inggris,  serta Indonesia sebagai tuan rumah.

Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Nurhidayat selaku chair NIOHC berharap melalui pertemuan ini, kita dapat berkolaborasi untuk memenuhi tujuan NIOHC yaitu kerja sama yang saling menguntungkan di bidang hidrografi,   koordinasi ENC regional, melakukan survei hidrografi bersama di daerah-daerah yang belum tersurvei dengan baik dan mengkoordinasikan sumber daya hidrografi di wilayah tersebut.

Pushidrosal  secara aktif terlibat dalam forum Hidrografi Global dan Regional, serta mengelola data Hidro-Oseanografi secara luas untuk mendukung implementasi perlindungan lingkungan, eksplorasi dan eksploitasi sumber daya maritim, pengelolaan wilayah pesisir, transportasi laut yang aman dan efisien, serta langkah-langkah pertahanan maritim yang kuat.

Pertemuan NIOHC ke-22  dipimpin oleh Laksamana Madya TNI, Nurhidayat (Komandan Pushidrosal) selaku Chair NIOHC.

Delegasi Indonesia dalam pertemuan ini di antaranya,  Asopssurta Danpushidrosal Laksamana Pertama TNI Dyan Primana Sobaruddin, M.Sc., Aspamkersamtas Danpushidrosal Kolonel Laut (E) Renny Lilik Asmoro, serta Kadispeta Pushidrosal Kolonel Laut (P) Agus Sutrianto.

Adapun agenda dan kegiatan pertemuan ini diantaranya penyampaian National Report oleh tiap Negara Anggota NIOHC (Member dan Associate Member). National Report ini bertujuan untuk menyampaikan informasi perkembangan yang telah dicapai oleh Lembaga Hidrografi masing-masing negara anggota terkait. Informasi yang disampaikan negara peserta diantaranya penyelenggaraan kemampuan survei hidrografi, kegiatan capacity building maupun kontribusi lembaga hidrografi pada bidang ruang lingkup secara nasional maupun regional seperti Search and Rescue (SAR) dan tanggap bencana alam.

Selain itu juga dibahas tentang perkembangan komite dan kelompok kerja (working group) di NIOHC yang meliputi North India Chart Coordination Working Group (NICCWG), NIOHC Capacity Building serta NIOHC Statute Working Group. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »