Juara Nasional NFSC 2023, Apresiasi Damkar Padang, Wako Hendri Septa Arak Piala Keliling Kota

BENTENGSUMBAR.COM - Di bawah kepemimpinan Wali Kota Padang Hendri Septa, Pemerintah Kota Padang terus banjir prestasi dengan meraih sejumlah penghargaan bergengsi, tidak saja di tingkat provinsi namun juga di level nasional.

Penghargaan kali ini yang diterima adalah atas kesuksesan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang yang meraih Juara 3 (tiga) dalam ajang "National Firefighter Skill Competition (NFSC) Tahun 2023" Kategori 'Survival'.

Tidak itu saja, dinas yang dipimpin oleh Budi Payan ini juga meraih Juara Harapan 3 kategori 'Hose Laying'. Prestasi tersebut sangat membanggakan, karena Damkar Kota Padang berhasil menyingkirkan ratusan kabupaten/kota yang juga ikut berkompetisi pada puncak peringatan HUT Damkar ke-104 tersebut. 

Wali Kota Padang Hendri Septa bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Andree Algamar, para Asisten dan sejumlah pimpin OPD di lingkup Pemko Padang pun menyambut kedatangan "Pasukan Fire Fighter" kebanggaan Kota Bingkuang tersebut, Jumat (3/3/2023) pagi.

Sebanyak 14 kontingen tersebut disambut dengan apel penyambutan di Tugu Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan (Luki) dengan pengalungan bunga. 

Prosesi penyambutan berlangsung meriah karena juga diwarnai dengan penampilan marching band dari personil Satpol PP Padang.

Wali Kota Padang Hendri Septa saat itu menyampaikan rasa bangganya atas kesuksesan tersebut.

Menurutnya, hal ini merupakan momentum yang sangat membanggakan bagi jajaran Pemerintah Kota Padang.

"Prestasi ini sangat membanggakan dan akan menjadi kekuatan, spirit dan sekaligus motivasi bagi seluruh OPD Pemko Padang untuk terus melahirkan prestasi. Terima kasih, semoga Damkar Padang terus jaya dan senantiasa memberikan kinerja yang terbaik sesuai tugas dan fungsinya," harap Wali Kota.

Selanjutnya orang nomor satu di Kota Padang mengakui menjadi pemadam kebakaran memang bukanlah hal yang mudah dan tidak bisa dilakukan oleh orang biasa.

"Bekerja sebagai pemadam kebakaran adalah tugas kemanusiaan yang taruhannya nyawa. Sekali lagi selamat dan sukses selalu kepada Damkar Kota Padang atas prestasi yang diraih ini. Lomba yang diikuti bukanlah tujuan utama, tapi adalah bonus sambil mengevaluasi kemampuan personil untuk memberikan kinerja yang lebih maksimal lagi," pungkas Wako mengapresiasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Damkar Kota Padang Budi Payan mengungkapkan, di tahun 2022 yang lalu kebakaran di Kota Padang tercatat lebih dari 250 kejadian. 

"Pada Januari 2023 ini tercatat 19. Kita akan terus tingkatkan lagi baik dari segi pengawasan, penyelamatan, dan sosialisasi kepada masyarakat untuk dapat mencegah terjadinya kebakaran," ujarnya.

Usai menerima penghargaan tersebut, personil Damkar Kota Padang yang dipimpin langsung Wali Kota Hendri Septa mengarak dua buah piala NSFC 2023 yang diraih Dinas Damkar Kota Padang tersebut mengelilingi pusat Kota Padang.

Seperti diketahui, terkait perlombaan NFSC 2023 yaitu diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI dan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta dalam rangka peringatan HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ke-104 Tahun 2023. Ajang ini berlangsung di Kantor Damkar DKI Jakarta Pusat selama 27-28 Februari 2023.

NFSC 2023 diikuti 49 tim dari 36 pemerintah daerah, baik tingkat provinsi maupun kabupaten kota se-Indonesia yang mengikuti dua kategori lomba yakni kategori  'Hose Laying' dan kategori survival.

Damkar Kabupaten Bogor berhasil meraih juara umum di kategori Hose Lying dan Survival Brave Heart.

Penghargaan bagi para juara diserahkan saat Upacara HUT Damkar ke 104 di Lapangan Monas Jakarta, Rabu (1/3/2023) lalu. (Dv/Prokopim Pdg)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »