Ketum DPP BAPERA: Dari KAA Asian Games ’62 dan Ganefo yang Buat Dunia Tercengang

BENTENGSUMBAR.COM - Pertama kali Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games tahun 1962 di Jakarta, kata kata dari presiden RI  pertama yang penuh bangga membahana ke angkasa raya menaikan kembali nama Indonesia di panggung Internasional, ucap Fahd A Rafiq di Jakarta pada Kamis, (30/3). 

Ketum DPP BAPERA mengatakan, “sebelum terselenggaranya Asian Games, Dua kali Indonesia mengajukan proposal untuk menjadi tuan rumah yaitu tahun 1951 dan 1954 tapi semua gagal, ketika Tokyo menjadi tuan rumah ke 3, Jakarta menjadi tua rumah dengan perolehan 22 suara mengalahkan Pakistan yang meraih 20 suara pendukung”,ulasnya.  

Pro dan Kontra menghiasi media cetak kala itu, bahkan Hatta mengkritisi ke inginan Presiden RI 1, Soekarno bergeming dengan mengatakan, “memberantas kelaparan memang penting, akan tetapi memberi jiwa yang telah di injak injak ratusan tahun dengan sesuatu yang bisa membangkitkan kebanggaan mereka pun lebih penting. 

Fahd menambahkan, bayangkan Indonesia baru merdeka 17 tahun langsung menggelar Asian Games dan 10 tahun setelah merdeka gelar Konferensi Asia Afrika (KAA). 

Sebulan diselenggarakan Asian Games Indonesia telah membangun Stadion Gelora Bung Karno dan Madya, Gedung TVRI, Hotel Indonesia, Jembatan Semanggi, dan Wisma Warta. Dan saat itu juga dibangun Tugu Selamat Datang. 

Kalimat Soekarno saat membakar atlet Indonesia di Manila, “kalau engkau mencapai prestasi yang baik disana, segenap bangsa Indonesia akan laksana mekar dia punya hati”. Olah raga bukan hanya membentuk jasmani yang kuat dan sehat akan tetapi olahraga membangun jiwa dan mental.

Mantan Ketum PP – AMPG ini menambahkan, sebagai manusia politik Soekarno tahu memposisikan olah raga tidak sekedar panggung penuh gegap gempita bagi rakyat banyak, dia juga menjadikan Asian games sebagai panggung politik, diantaranya  pertama Soekarno untuk menaikan wibawa Indonesia di panggung dunia dan banyak mendapat apresiasi dari banyak negara.  

Kedua, sukarno menggunakan Asian games sebagai siasat tambahan untuk memperkuat daya gebrak politik diplomasi terkait irian barat di meja perundingan PBB. Ketiga Indonesia menjadikan Asian Games untuk menunjukkan posisi politiknya. 

Keempat, menjadi momentum untuk menyatukan kembali bangsa yang agak retak oleh friksi friksi politik. olah raga menyediakan momen bagi semua anggota bangsa tanpa pandang suku, agama, etnis maupun aliran politik. Untuk duduk bersama mendukung negaranya. Dan ditahun itu juga TVRI mengudara tepatnya di tanggal 24 Agustus 1962 dan tayangan pertamanya adalah seremoni pembukaan Asian games ke -4 di Jakarta.

Fahd Melanjutkan, “Setahun kemudian Soekarno mengadakan olah raga kelas dunia yaitu GANEFO untuk menandingi Olimpiade, ini presiden RI paling gokil yang berani bikin tandingan olah raga tingkat dunia dimana pada saat itu GANEFO di ikuti oleh negara negara yang baru merdeka dengan jumlah peserta sebanyak 2700 an atlet dari 51 negara dan acara itu berlangsung sukses dan menyita perhatian dunia kala itu. Ini adalah pesan untuk kita sebagai generasi penerus jangan pernah p10atah arang karena para founding fathers dan mother kita melakukan hal yang diluar nalar manusia dan berani pada masanya”.

Jika ditilik di era sekarang sama seperti Real Madrid yang ingin menandingi kompetisi Champions League dengan Eufa super league namun hingga hari ini isu itu hanya jadi faktor penggentar. Percaya atau tidak Florentina Perez bikin EUEFA ketar ketir karena jika hal itu benar terjadi maka kompetisi buatannya tidak laku karena tim papan atas tidak ada disitu. Maka jangan heran kalo Real madrid tahun kemarin dan beberapa tahun yang lalu sempat trebble winner di kompetisi ini. Karena bisa menjinakkan pawang UEFA.

Jika melihat kondisi saat ini 4 liga top eropa seperti Inggris, Spanyol, jerman dan italia yang mana jika melihat dinamika sepak bola negeri pizza itu bak setingan. menurutnya Liga italia itu sangat di dominasi Juventus juara 7 kali berturut turut bak tak ada lawan, maka dari itu konflik dibuat di Internal juve hingga pengurangan 15 point bagaimana caranya tim tim yang jarang juara akan juara dalam 2 atau tiga tahun ke depan untuk mengangkat pamor sepak bola italia agar lebih kompetitif.

Mau bukti ketika juve kena Calciopoli beberapa tahun lalu yang berjuara bergantian dari Inter milan lalu ke milan, abis itu balik ke Juve terus sampai beberapa edisi dan pola itu dimainkan lagi sekarang, lain halnya kompetisi di negeri Ratu Elizabeth sangat ketat bahkan kekuatan uang akan kalah disana karena saking dinamisnya. 

Dengan apa yang dilakukan Presiden pertama kita khususnya bisa menjadi penyemangat kita dan mengambil pelajaran yang baik khususnya di bidang olah raga, tutup Ketua bidang Ormas DPP Partai Gokar. (ASW)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »