Piala Dunia U-20 Batal di Indonesia, Andre Rosiade: Menyedihkan

BENTENGSUMBAR.COM - FIFA memutuskan Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Jubir Partai Gerindra, Andre Rosiade, mengajak masyarakat Indonesia untuk mendukung Timnas Indonesia dalam laga Sea Games di Kamboja nanti, dengan catatan jika tidak ada sanksi larangan tampil di iven FIFA.

"Sebagai penggamar sepakbola, kemarahan dan kekecewaan dan kekesalan kita Piala Dunia U-20 gagal di Indonesia, mari kita lampiaskan dengan mendukung timnas kita di Sea Games nanti di Kamboja," kata Andre dalam acara Adu Perspektif detikcom dengan Total Politik, seperti dilihat, Kamis (30/3) malam.

Andre Rosiade menuturkan salah satu cara mendukung bisa dengan menonton langsung Indonesia saat tampil di Kamboja. Dia menyerukan dukungan untuk Timnas Indonesia. 

"Ya itu, satu-satunya, kita datang ke Kamboja, kita dukung Timnas Kita," kata ketua DPD Gerindra Sumbar ini.

Anggota Komisi VI DPR ini menyebut keputusan FIFA itu menyedihkan. Dia menyayangkan apa yang telah diputuskan FIFA kepada Indonesia. 

"Jadi ini kan urusan sepakbola ini tentu kita sayangkan. Saya sebagai penggemar, pelaku sepakbola tentu menyayangkan bahwa mimpi kita Piala Dunia hadir di negara kita ini gagal di depan mata," ucapnya.

"Gagal itu bukan karena kita gagal bidding, tetapi kita sudah memenangkan bidding dan kita sudah mempersiapkan dalam waktu dekat kita akan mengadakan iven ini, itu tentu menyedihkan bagi kita semua penggemar sepakbola kita kehilangan," kata ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Andre berharap Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) tidak mendapat sanksi dari FIFA. Meski demikian, Andre mengaku senang karena FIFA berkomitmen membantu PSSI dan pemerintahan Pak Jokowi.

"Dan harapan kami sebagai penggemar sepakbola tentu berharap jangan sampai PSSI mendapatkan sanksi oleh FIFA, jangan sampai kita jatuh tertimpa tangga. Tapi meskipun sedih, saya senang mendengarkan pernyataan FIFA tadi bahwa komitmen FIFA untuk terus membantu PSSI dan juga pemerintah Pak Jokowi ada Jadi harapannya kita agak jauh dari sanksi, mudah-mudahan, " kata Andre.

Sebelumnya, FIFA mengumumkan keputusan terkait Piala Dunia U-20. FIFA menyatakan Indonesia batal menjadi tuan rumah. 

Dikutip dari situs resmi FIFA, Rabu (29/3/2023), keputusan itu diambil seusai rapat Presiden FIFA Gianni Infantino dengan Ketua PSSI Erick Thohir.

"FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023," demikian keterangan di situs FIFA.

Tuan rumah yang baru akan diumumkan segera. FIFA memastikan jadwal Piala Dunia U-20 tidak berubah.

"Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya," demikian pernyataan FIFA.

Terlepas dari keputusan tersebut, FIFA tetap berkomitmen membantu PSSI dan bekerja sama erat dengan dukungan pemerintahan Presiden Jokowi dalam proses transformasi persepakbolaan Indonesia pasca-Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada Oktober 2022.

Anggota dari FIFA disebut akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang. Pertemuan berikutnya antara Presiden FIFA dan Ketum PSSI untuk pembahasan lebih lanjut akan dijadwalkan dalam waktu dekat. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »